Sistem Keselamatan Toyota BZ4X Raih Bintang 5

Sistem Keselamatan Toyota bZ4X Raih Bintang 5 Dok : Euro NCAP

KabarOto.com – Toyota bZ4X baru saja mendapat nilai bintang 5 dalam uji tabrak yang dilakukan Euro NCAP. Sistem keselamatan bZ4X dites dengan melakukan simulasi tabrakan baik di sisi depan, dan samping, hingga fitur keamanannya.

Saat melakukan uji tabrak depan, sistem airbag bekerja dengan baik, dan 2 airbag depan mampu menopang tubuh dengan baik mencegah cedera serius. Desain joknya juga mampu menahan agar leher tidak cedera ketika tabrakan terjadi.

Baca juga: Cara Kerja Sistem Hybrid Pada Toyota Kijang Innova Zenix

Uji tabrak dari samping juga menunjukkan airbag jendela terbuka sempurna mencegah serpihan kaca mengenai pengemudi dan penumpang. Begitu juga di bagian tengah demi menahan benturan pengemudi dan penumpang, berfungsi untuk mencegah saling bersenggolan langsung. Oleh karenanya bZ4X mendapat nilai 88% perlindungan dewasa, dan 87% perlindungan anak-anak.

Sementara sistem perlindungan aktif juga dites untuk sistem bantuan pengereman, mendeteksi pejalan kaki, pesepeda, hingga kendaraan lain di depan baik dalam kondisi terang atau gelap.

Baca juga: Perbandingan Mesin Toyota Kijang Innova, Simak Datanya

Serta fitur lane keeping assist dan pendeteksi batas jalan juga berfungsi baik menjaga mobil tetap di jalurnya. bZ4X mendapat nilai 79% perlindungan pejalan kaki, dan sistem keselamatan aktif 91%.

Toyota juga membekali bZ4X dengan fitur ADAS (Advance Driver Assistance System) generasi terbaru, disebut dengan TSS (Toyota Safety Sense) 3.0, seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, dan Road Sign Assist.

Di Indonesia sendiri Toyota bZ4X dipasarkan dalam satu varian, yakni Panoramic Roof, dibanderol Rp 1,190 miliar.