POPULAR STORIES

Sistem Parkir Gunakan Teknologi AI, Bagaimana Penjelasannya?

Sistem Parkir Gunakan Teknologi AI, Bagaimana Penjelasannya? Sistem Parkir Gunakan Teknologi AI, Bagaimana Penjelasannya? (Kipli/Pexels)

KabarOto.com - Faktor keamanan dan kenyamanan parkir kendaraan, memang turut menentukan pengalaman dan kepuasan masyarakat, ketika berkunjung ke pusat keramaian seperti mal, rumah sakit, perkantoran, dan sebagainya.

Rasa aman konsumen bisa ditentukan dari cara pengelola pusat keramaian, dalam memastikan kendaraan yang dititipkan pengunjung tidak mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan.

Sedangkan upaya menjaga kenyamanan konsumen bisa dilakukan dengan merancang skema dan alur perparkiran yang sederhana dan efisien. Baik dalam hal pengaturan lalu lintas di area parkir, maupun dalam proses transaksinya.

Baca Juga: Centre Park Bakal Terapkan Inovasi Sistem Parkir Kendaraan

Perusahaan penyedia teknologi dan layanan perparkiran PT Centrepark Citra Corpora (Centre Park), melalui anak perusahaannya, Alfabeta, memperkenalkan solusi untuk meningkatkan pengalaman parkir konsumen. Solusi tersebut bernama License Plate Recognition (LPR) yang berbasis pembelajaran mesin (machine learning) dan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

Sejak dikembangkan 5 tahun lalu, teknologi LPR Alfabeta ini terus dikembangkan dan disempurnakan. Dari semula hanya sebagai sistem untuk mengenali pelat nomor kendaraan di area parkir, teknologi ini kini berhasil meningkatkan efisiensi perparkiran.

“Pengguna parkir akan mendapatkan pengalaman yang lebih efisien dan cepat, karena tidak perlu mengantre lama, baik di pintu masuk maupun keluar area parkir,” kata Chief Executive Officer Centre Park, Charles Oentomo, di Jakarta.

Baca Juga: Toyota BZ4x Bisa Parkir Otomatis, Begini Caranya

Sistem pendeteksi pelat nomor berbasis kecerdasan buatan tersebut, Charles menjelaskan, juga akan meningkatkan faktor keamanan parkir. Pemilik kendaraan akan merasa lebih aman saat meninggalkan kendaraannya, karena dengan teknologi ini, setiap kendaraan yang masuk dan keluar area parkir akan diverifikasi.

Prosesnya tak hanya meliputi kecocokan pelat nomor, tapi juga jenis kendaraan, merek kendaraan, hingga warna kendaraan. “Karena berbasis AI, prosesnya juga dilakukan secara cepat, jadi tidak terjadi antrean di gerbang masuk maupun keluar area parkir,” tandasnya.

Teknologi LPR yang dikembangkan Alfabeta ini didukung oleh teknologi control processing unit (CPU) yang lebih sederhana dan ekonomis ketimbang teknologi graphics processing unit (GPU).

Dengan keunggulan itu, teknologi LPR Centrepark bisa diterapkan di semua jenis kamera pemantau (CCTV) dan bersifat plug and play tanpa perlu penambahan alat lain. “Meski teknologinya lebih sederhana, tapi kemampuan deteksinya tetap akuran dan cepat,” jelas Charles.