POPULAR STORIES

Toyota BZ4x Bisa Parkir Otomatis, Begini Caranya

Toyota bZ4x Bisa Parkir Otomatis, Begini Caranya Kipli/ KabarOto

KabarOto.com - Toyota bZ4X merupakan mobil listrik berbasis baterai (BEV) memiliki sasis baru yang dikembangkan yakni e-TNGA, platform tersebut didedikasikan untuk kendaraan Battery Electric Vehicle. Kelebihan lainnya adalah, parkir otomatis, simak ulasan KabarOto.

Salah satu kelebihannya adalah unit baterai ramping, terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari sasis, sehingga diklaim membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.

Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

Lithium-ion Battery yang digunakan Toyota bZ4X diklaim dapat diisi ulang dari 0 hingga 80% dalam waktu 9-10 jam dengan metode normal charging atau menggunakan daya listrik rumah.

Baca juga: Lebih Jelas Tentang Fitur Di Toyota BZ4x

Namun jika dicas menggunakan fast charging, untuk mengisi dari 0 ke 80% kapasitas, hanya butuh 30 menit.

Nah, uniknya, terdapat pula fitur Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi, ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi.

Caranya pun cukup simpel, hanya dengan mengaktifkan mode di layar infotainment pada panel tengah dasbor. Langkah awalnya, Sobat akan disuruh memilih lahan parkir yang tersedia di layar.

Selesai memilih, Sobat KabarOto akan diperlihatkan semacam proyeksi atau bayangan posisi ketika nantinya mobil akan terparkir. Tekan 'Start' pada layar untuk memulai.

Baca juga: First Drive - Jajal Singkat Fitur Mobil Listrik Toyota BZ4x

Meski fitur ini canggih, jangan sepelekan obyek di sekitar Sobat KabarOto. Sudah seharusnya Sobat tetap harus waspada untuk mengambil alih jika keadaan tidak memungkinkan untuk mengaktifkan parkir otomatis.

Advanced Park akan tuntas jika layar pemberitahuan sudah menginformasikan hal tersebut. Sekali lagi, Sobat bisa mengambil alih atau mengintervensi proses tersebut dengan menahan setir maupun menginjak pedal rem.

Langkah terakhir, layar infotainment akan menunjukkan sekeliling mobil lewat kamera 360 sebagai tanda bahwa mobil telah terparkir dengan sempurna. Semoga tips ini bermanfaat, ya!