POPULAR STORIES

Skoda Enyaq RS IV, SUV Elektrik Lengkapi Jajaran RS Sporty

Skoda Enyaq RS iV, SUV Elektrik Lengkapi Jajaran RS Sporty Sumber: Skoda dam Netcarshow

KabarOto.com - Pabrikan mobil Skoda Auto menghadirkan Enyaq RS iV, hadir sebagai SUV berpenggerak mesin listrik. Kendaraan ini hadir untuk melengkapi jajaran varian RS dari Skoda, versi ini menawarkan performa mumpuni dengan bodi SUV yang praktis.

SUV ini memiliki penggerak semua roda dan dua motor listrik dengan output sistem 220 kW atau setara 295 dk seperti halnya Enyaq Coupe RS iV. Ini menjadikan dua versi RS dari keluarga Enyaq iV sebagai kendaraan paling bertenaga dalam portofolio Skoda.

Baca juga: Skoda Patenkan Sabuk Pengaman LED

Keluarga Enyaq iV didasarkan pada Modular Electrification Toolkit (MEB) Grup Volkswagen dan diluncurkan dari jalur produksi di pabrik utama Skoda di Mladá Boleslav, Ceko. Enyaq iV dan Enyaq Coupe iV adalah satu-satunya model MEB yang diproduksi di Jerman.

Škoda Auto telah mengumumkan bahwa dalam beberapa hari mendatang, mobil ke-100.000 dari keluarga Enyaq iV akan diluncurkan dari jalur produksi. Angka ini termasuk seri Enyaq iV SUV dan Enyaq Coupe iV di semua variannya masing-masing, seperti versi sporty RS dan Sportline.

Lebih khusus lagi, kapasitas kargo 15 liter (0,5 kaki kubik) lebih tinggi dari Enyaq Coupe RS iV dengan total 585 liter (20,6 kaki kubik) dengan semua kursi terpasang. Dengan kursi belakang terlipat, Enyaq RS iV menawarkan kapasitas muat hingga 1.710 liter (60,4 kaki kubik).

Didukung oleh sepasang motor listrik yang sama dengan Enyaq Coupe RS iV, Enyaq RS iV memiliki penggerak semua roda dan output hingga 220 kilowatt (295 dk) dan torsi sistem 460 Nm. Itu cukup untuk memungkinkan akselerasi 0-100 kpj dalam 6,5 detik dan kecepatan tertinggi 180 kpj atau 20 kpj lebih cepat dari model Enyaq iV biasa.

Baca juga: Review Mobil Bekas: Honda HR-V E Special Edition 2019

Berkat baterai 82-kWh dan koefisien drag 0,265, Enyaq RS iV memberikan jangkauan WLTP lebih dari 500 km per pengisian daya. Dibandingkan dengan model Enyaq iV yang lebih rendah, versi RS lebih rendah 15 mm di depan dan 10 mm lebih rendah di belakang, menghasilkan aerodinamis yang lebih baik dan penanganan yang lebih sporty.

Bagian interior, kursi hitam dilapisi dengan serat mikro Suedia dan menampilkan pipa berwarna limau dan jahitan kontras. Jahitan kontras dengan warna yang sama juga digunakan pada setir kulit, kluster instrumen dipangkas dengan Suedia hitam dan sandaran tangan tengah.

Keset lantai juga menggabungkan pipa nubuck berwarna kapur. Pilihan Desain RS Suite opsional menampilkan pelapis jok kulit berlubang hitam dengan perpipaan abu-abu dan jahitan kontras, yang juga ditemukan pada roda kemudi kulit, sandaran tangan tengah, dan kluster instrumen berpenampilan kulit. Piping nubuck di alas lantai hitam juga berwarna abu-abu.

Enyaq RS iV menawarkan penanganan yang luar biasa, dengan suspensi sport, kemudi progresif, dan penggerak semua roda sebagai standar, sementara ruang yang luas untuk hingga lima orang menjadikannya teman yang sempurna untuk berkendara sehari-hari.

Dilengkapi dengan pelek lansiran Taurus 20 inci model bilah dengan warna hitam sebagai standar, sementara velg Vision 21 inci berwarna antrasit tersedia sebagai pilihan opsional. Suspensi sport, juga dipasang sebagai standar, menurunkan bodi. Dilabur warna Mamba Green untuk model RS dalam keluarga Enyaq iV.

Baca juga: Lexus Electrified Sport Concept Siap Jadi Penerus Supercar LFA

Enyaq iV menetapkan standar dalam keselamatan aktif dan pasif. Dalam uji Euro NCAP, SUV listrik ini menerima peringkat bintang lima tertinggi pada 2021, dan juga dinobatkan sebagai kendaraan teraman tahun ini di kelasnya. Selain hingga sembilan airbag, berbagai sistem bantuan inovatif, seperti Travel Assist versi saat ini, juga berkontribusi pada skor ini. Model top yang sporty hadir dengan lampu depan full LED matriks sebagai standar, sedangkan head-up display dengan augmented reality tersedia sebagai pilihan.