POPULAR STORIES

Skoda Patenkan Sabuk Pengaman LED

Skoda Patenkan Sabuk Pengaman LED

KabarOto.com – Sabuk pengaman merupakan fitur keselamatan paling dasar dalam sebuah mobil ketimbang lainnya. Namun karena pengaplikasiannya terkadang kurang nyaman bagi sebagian orang, maka beberapa ada yang sering lupa atau bahkan tidak menggunakannya.

Beberapa merek mobil memberikan peringatan apabila pengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman, misalnya saja seperti alarm berbunyi, serta lampu indikator menyala di spidometer.

Baca Juga : Isuzu Motors Ambil Alih UD Trucks Dari Volvo Group

Nah, mengatasi hal tersebut Skoda dan Simply Clever punya cara menarik yang baru saja mereka patenkan. Yakni sabuk penganan dengan iluminasi LED, walau konsepnya sederhana, tampilannya membuat menarik perhatian agar pengemudi dan penumpang menggunakan sabuk pengaman.

Cara kerjanya pun cukup sederhana, nantinya sensor di jok akan membaca bobot, apakah ada penumpang atau tidak. Apabila terbaca ada seseorang, maka pengait menyala warna merah menandakan safety belt belum digunakan.

Jika sudah terpasang, maka lampu berubah menjadi hijau dan lama kelamaan berubah jadi putih. Selain lebih mempercantik dan memberi kesan canggih, lampu LED ini berguna untuk menunjukkan posisi pengait agar mudah dilepas.

Baca Juga : Lamborghini Huracan Fluo Capsule Pilihan Warna Lebih Cerah

“Sabuk pengaman bercahaya cerdas hanyalah salah satu dari banyak fitur yang dirancang dan direkayasa sendiri di Skoda,” jelas perusahaan asal Ceko tersebut.

Wah jadi fitur menarik nih buat pabrikan lainnya, selain lebih menarik, tentu mengurangi bunyi mengganggu bila belum menggunakan sabuk pengaman.