POPULAR STORIES

Spare Parts Piaggio Zip Mahal Dan Sulit? Obatnya Suku Cadang Motor Jepang Dan Korea

Spare Parts Piaggio Zip Mahal dan Sulit? Obatnya Suku Cadang Motor Jepang dan Korea Koil dan CDI pakai punya Suzuki Shogun dan Yamaha Mio (Foto:Kipli)

KabarOto.com (sisakan utk minggu) - Piaggio Zip memang dinilai sebagai motor yang unik bagi pecintanya. Bentuknya yang padat membulat diimbangi dengan dimensi yang kompak agar tetap asyik diajak keliling kota.

Nah, bagi yang minat dengan skutik Piaggio yang imut ini, ada baiknya memperhatikan beberapa hal, termasuk spare partsnya, mengingat unitnya sudah tak lagi beredar di pasaran.

Melirik harga body parts-nya memang bikin melongo. Siapa sangka perintilan bodi dan pernak pernik skutik mungil asal Vietnam ini punya harga relatif tinggi. Contohnya saja, mika lampu depan kondisi baru yang dibanderol di kisaran Rp 950 ribu. Wow!

Baca juga: Piaggio Indonesia Tanggapi Soal Model Vespa Dijiplak Skuter Listrik Lain

Spare part motor Jepang dan Korea bisa jadi solusi Piaggio Zip (Foto: Kipli)

Kalau soal mesin, Sobat yang berminat meminang atau bahkan yang sudah punya, jangan khawatir. Ternyata banyak dari spare parts mesin Zip yang punya kemiripan bahkan kompatibel dengan sepeda motor korea maupun Jepang.

Hal tersebut diamini Kinal selaku punggawa dari Berkah Cahaya Matic, Pondok Cabe Ilir, Tangerang Selatan. "Beberapa parts punya persamaan dengan motor-motor Jepang dan Korea, apalagi parts vital yang harganya lumayan tinggi, cukup jadi solusi bagi pengguna Piaggio Zip," ujarnya.

Pemilik bengkel spesialis sepeda motor matik berbagai jenis itu, juga mengatakan kalau beberapa penyakit memang lazim terjadi di skutik Piaggio tersebut.

Baca juga: Piaggio Indonesia Tanggapi Soal Model Vespa Dijiplak Skuter Listrik Lain

Penyakit Piaggio Zip paling lazim, harus ganti pengapian standar pakai motor Jepang (Foto: Kipli)

"Misalnya yang paling sering kejadian, pengapian 'ngadat' jadi motor mogok, itu penyakitnya dari CDI dan koil, saya langsung sarankan ganti CDI Suzuki Shogun dan Koil Yamaha Mio, Insya Allah masalah beres. Sudah banyak penyakit itu yang kami tangani dan lancar jaya hingga sekarang," bebernya.

Ia bilang, sepaketnya sudah termasuk jasa dibanderol Rp 650 ribuan, cukup menarik dibandingkan harus beli CDI orisinal copotan seharga Rp 900 ribuan yang ujungnya diprediksi bakal ngadat lagi.

"Lebih praktis juga, kalau sudah waktunya ganti, parts-nya banyak yang jual, enggak perlu ubah sana sini lagi," tutup mantan teknisi Kymco itu.

Nah, sebagai suku cadang substitusinya, Sobat bisa tengok daftar rangkuman di bawah ini:

  1. Roller : Suzuki Spin, Honda Vario

  2. Mangkok Kopling : Kymco

  3. Per Besar : Honda Vario

  4. Dinamo Starter : Suzuki Smash Lama

  5. Sokbreker : Motor Jepang (tambah adaptor)

  6. Kabel rem belakang : Suzuki Spin, Yamaha Nouvo dan Kymco

  7. Kabel rem depan : KTC 80 cm

  8. Kampas rem Depan : Vespa NPX

  9. Kampas rem Belakang : Honda Supra Lama

  10. CDI : Suzuki Shogun Kebo, BRT Mio/Kharisma

  11. Vbelt : Kymco Easy

  12. Karbu : Kymco Easy, Honda Vario 110 lama, Honda BeAT Karbu

  13. Komstir : Vespa Excel/PX

  14. Per tensioner/tonjokan keteng : Yamaha Vega lama

  15. Seal sokbreker dan tutup seal sokbreker depan : Yamaha RX King

  16. Seal As Roda : Vespa PX (old)

  17. Karet Intake : Slang radiator

  18. Seal Klep : Honda Kharisma

  19. Koil : Yamaha Mio