POPULAR STORIES

Speaker Mobil Premium Ada Lapisan Emas? Ini Fungsinya

Speaker Mobil Premium Ada Lapisan Emas? Ini Fungsinya Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Speaker mobil memiliki kelas-kelasnya sendiri, dan biasanya untuk speaker premium pabrikan sudah memberikan lapisan emas atau gold plated pada bagian speaker. Lalu apa fungsinya? Yuk kita bahas.

Speaker jadi salah satu komponen penting untuk hiburan di kabin mobil. Tentu karena perannya sebagai penghasil suara dari head unit, sehingga kita bisa mendengarkan radio dan lagu selama perjalanan.

Baca Juga : Ground Zero Radioactive Special Edition Gold, Speaker Edisi Terbatas Kualitas Wahid

Terminal dilapis emas.

Kembali ke lapisan emas di speaker. Suara paling utama standar ada di bagian midbass yang menempel di pintu. Perlu diketahui, speaker ini memiliki terminal untuk menyambung kabel dari head unit menuju ke speaker.

Nah bagian terminal ini yang paling rawan terjadi korosi atau berkarat. Sebab speaker menempel ke bagian plat pintu, sementara bagian tersebut sangat mudah lembap, baik saat kita mencuci mobil ataupun saat hujan, air bisa masuk lewat sela-sela jendela mobil.

Baca Juga : Goldhorn Hadirkan Processor Audio Canggih, P5 DSP Ultra Dan DSP 16 Ultra

Kondisi terminal yang teroksidasi.

Lalu fungsi dari lapisan emas di speaker premium tadi, bukan untuk dijual ya Sob, melainkan memberikan proteksi ke terminal agar tidak mudah berkarat, serta bahan emas merupakan konduktor yang baik.

"Lapisan emas di speaker untuk apa sih? Itu untuk supaya terminal tidak timbul karat. Apalagi di daerah seperti Indonesia yang lembab, itu pasti rentan berkarat," papar Simon Dimas, Marketing Support Team PT Audio Plus Indonesia.