Stok Toyota Innova Diesel Menipis, Akankah Diganti Versi Hybrid?

Stok Toyota Innova Diesel Menipis, akankah Diganti Versi Hybrid? Toyota Innova diesel saat ini langka (Foto Ilustrasi: KabarOto)

KabarOto.com - New Toyota Innova diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Oktober 2020 silam. Dari data Gaikindo, Januari - Juli 2022, penjualan Toyota Astra Motor (TAM) sebanyak 149.461 unit. Innova berada pada urutan nomor dua terbanyak setelah Avanza, angkanya mencapai 23.592 unit.

Dengan segudang fitur yang disematkan, Multi Purpose Vehicle (MPV) ini juga mampu menampung 7 penumpang, sesuai kebutuhan konsumen di Indonesia. Sehingga wajar penjualannya masih di atas ekspektasi TAM.

Toyota Kijang Innova 2022 dibanderol mulai dari Rp 369,6 sampai Rp 471,9 Juta, memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm.

Baca juga: Intip Harga Innova Dan Alphard Kolaborasi Toyota Auto2000 Dan Seni Batik

Toyota Innova Venturer dengan mesin diesel (Foto: TAM)

Toyota Innova ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin 1TR-FE 4 silinder DOHC berkapasitas 2.000 cc dan diesel 2GD 4 silinder DOHC Turbo 2.400 cc, pilihan transmisinya manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan.

Innova bermesin diesel, disebut menjadi yang paling laris. Hingga ketersediannya di diler menipis, bahkan habis. KabarOto pun mencoba menggali informasi terkait langkanya mobil ini.

Diler Toyota di wilayah Depok mengaku, saat ini stok untuk Innova diesel sangat sedikit, hanya satu unit saja. "Stok-nya sedikit, unit yang ready pun hanya satu mobil, itu tipe G manual," jelas tenaga penjual kepada KabarOto.

Kemudian, tenaga penjual diler Toyota di wilayah Bintaro, Tangerang Selatan, mengatakan, tidak ada Innova diesel yang tersedia. "Paling nanti kita carikan, kalau memang enggak dapat, ya uang kita kembalikan jika sudah memberikan DP," jelas dia.

Baca juga: Galeri Detil Toyota Innova Heritage Edition Kolaborasi Iwan Tirta

Karena menurutnya, bulan Oktober nanti akan hadir Innova hybrid. "Kalau tidak kita alihin ke Innova hybrid pak, itu kalau konsumen mau ya, kalau tidak uang tetap kita balikin," tambahnya.

Sementara itu diler Toyota di daerah Mangga Dua, Jakarta Utara juga menyatakan hal yang sama. Tenaga penjual pun sulit untuk mendapatkan MPV tersebut. "Stok-nya udah susah, ada sih tapi musti inden," terangnya.

Sosok Innova EV, akankah dijual ke pasar dengan versi hybrid

Menurut beberapa sumber lain, produksi Innova mulai distop bulan Oktober, dikarenakan November mendatang mulai produksi yang Hybrid. Bahkan, Innova nantinya tidak tersedia lagi varian diesel, hanya ada bensin dan perpaduan antara bensin hybrid. Sasisnya juga infonya beda ya, pakai penggerak roda depan juga.

Sementara itu, tenaga penjual diler Toyota di Pondok Cabe, Tangerang Selatan juga mengungkapkan, Innova diesel saat ini susah, karena versi hybrid akan diperkenalkan. Masih tersedia, saat ini G manual 2.4 warna hitam metalik, abu-abu dan silver, serta super white. Di diler Bogor pun hanya ada tipe terendah, dan stoknya pun menipis.

Baca juga: Modifikasi Toyota Innova Diesel Lawas, Asyik Untuk Harian

Toyota saat ini fokus mengembangkan kendaraan ramah lingkungan. Dan rumor yang beredar, pada November nanti, secara global, Toyota akan menghadirkan Innova versi hybrid, menggantikan mesin diesel. Mau tahu seperti apa canggihnya mobil tersebut? Pantau terus KabarOto. (Tim KabarOto)