Suspensi Dan Kaki-Kaki Depan Toyota Vellfire Sering Bermasalah, Ini Solusinya!

Suspensi dan Kaki-Kaki Depan Toyota Vellfire Sering Bermasalah, Ini Solusinya! Toyota Vellfire yang mengalami kerusakan pada kaki-kaki depan (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Toyota Vellfire dikenal sebagai kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) premium yang memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpangnya. Namun, mobil berukuran bongsor ini sering mengalami kerusakan pada bagian kaki-kaki dan suspensinya.

Garasi Oase yang merupakan bengkel khusus kaki-kaki mobil menjelaskan pada umumnya penyakit yang sering terjadi pada mobil berukuran besar ada pada bagian kaki-kaki dan suspensinya. Sebagai informasi saja, kerusakan kaki-kaki pada mobil bisa diketahui dari beberapa tanda, yakni bunyi, limbung dan tapak ban yang habis tidak rata.

"Kerusakan Toyota Vellfire memang sering terjadi pada bagian kaki-kaki dan suspensinya. Terlebih mobilnya digunakan sehari-hari, apalagi bagian depan sering menghantam lubang dengan kencang," ungkap Theodorus Denis selaku Manager Garasi Oase.

Baca juga: Toyota GR Supra Hadirkan Warna Spesial Terbatas 50 Unit Saja

Pengecekan suspensi dan kaki-kaki

Setiap mobil yang masuk Garasi Oase, akan di cek terlebih dahulu dengan cara dibawa jalan untuk mendeteksi kerusakan. Untuk memastikan, setiap bagian yang diduga mengalami kerusakan akan dibongkar.

Dalam kasus Toyota Vellfire ini, terdengar suara jedag-jedug saat dibawa jalan, diduga ada kerusakan pada sokbreker. Saat dibongkar, terdapat Long tie rod sudah oblak, karet support-nya sudah naik, sokbreker dan rack steer sudah lemah.

Untuk mengatasi problem tersebut, Garasi Oase memberikan dua opsi, yakni pergantian komponen dan perbaikan dengan garansi selama satu tahun.

Baca juga: Toyota Yaris Cross Tambah Varian GR SPort Dan Z Adventure

Kaki-kaki Toyota Vellfire yang mengalami kerusakan

"Pergantian komponen biayanya lebih mahal tapi masa pakainya bisa sampai empat tahun, sedangkan kalau perbaikan biasanya pemakaiannya bisa tiga tahun atau lebih tergantung pemakaian," jelas Denis.

Estimasi biaya perbaikan untuk Toyota Vellfire yang mengalami kerusakan pada kaki-kaki depan, bisa sekitar Rp 4 jutaan dengan asumsi perbaikan dan penggantian pada karet support-nya.

"Angka tersebut hanya etimasi, pada umunya mobil Jepang dengan kerusakan kaki-kaki depan biaya perbaikannya sekitar Rp 4 jutaan, sedangkan mobil Eropa sekitar Rp 7 jutaan," kata Denis.

Namun, biaya perbaikan ini asumsi yang bisa berubah tergantung dengan kerusakan pada setiap mobil.

Setelah perbaikan selesai, Garasi Oase melakukan Quality Control berupa uji jalan dan mobil di cuci hingga bersih, kemudian uji jalan bersama pemilik.