POPULAR STORIES

SUV Atau CUV, Mana Yang Lebih Baik?

SUV atau CUV, Mana yang Lebih Baik? Foto: www.google.com

KabarOto.com - Jika ingin mencari mobil keluarga, sebaiknya pertimbangkan lebih dulu kendaraan SUV atau crossover yang akan dibeli. Kemungkinan Anda bertanya-tanya, mengapa beberapa model disebut crossover sementara yang lain disebut SUV.

Jika demikian, KabarOto.com mencoba membantu sedikit informasi perbedaan tipe-tipe mobil tersebut, semoga dapat menambah wawasan Anda.

Seperti diutarakan Irfan, pemilik showroom mobil bekas di daerah Cibubur , beberapa hari lalu. Sebenarnya perbedaan yang paling mendasar dari SUV dan Crossover terletak pada bodi dan tinggi rendahnya mobil diukur dari permukaan tanah.

"SUV memiliki jarak lebih tinggi dibandingkan crossover yang lebih rendah. Terkadang jarak ketinggian dari tanah membuat SUV merepotkan saat keluar masuk kabin. Lain lagi dengan Crossover yang memiliki ketinggian sama dengan mobil sekelas sedan," kata Irfan.

"Selain ketinggian mobil, perbedaan lainnya juga terlihat dari bentuk bodi. Kalau SUV murni menggunakan model bodi on frame yang artinya bodi dibuat secara terpisah dari framenya, kemudian digabungkan secara bersamaan. SUV juga menggunakan penggerak semua roda (4WD) yang digunakan untuk jalan-jalan terjal (off road)."

foto:www.google.com

Baca Juga:

"Kalau untuk kenyamanan SUV sangat kurang nyaman karena bantingan suspensinya akan kita rasakan sampai ke dalam kabin. Kalau dikendarai di jalan raya untuk dikendalikannya," tambah Irfan.

"Beda dengan CUV (crossover utility vehicle), model ini menggunakan rangka unibody yang artinya bodi dan frame adalah satu bagian saat dibuat. Crossover khusus digunakan untuk jalan raya walaupun ada juga digunakan di jalur terjal."

"Memiliki handling yang nyaman dan akses keluar masuk kabin yang mudah menjadikan crossover banyak diminati saat ini," kata Irfan.

Mobil yang tergolong tipe SUV antara lain Toyota 4Runner, FJ Cruiser, Land Cruiser, Sequoia dan Fortuner. Sedangkan model Crossover misalnya Mitsubishi Outlander, Honda HR-V, Honda CR-V, atau Ford Ecosport.

Kalau ditanya mana yang lebih baik di antara kedua tipe mobil tersebut, itu semua tergantung selera konsumen.

Foto: SUV atau CUV (istimewa)