POPULAR STORIES

SUV Listrik Perdana Lexus RZ 450e Berteknologi Canggih

SUV Listrik Perdana Lexus RZ 450e Berteknologi Canggih 2023 Lexus RZ 450e, sumber foto : Lexus

KabarOto.com – Pabrikan mobil mewah asal Jepang, Lexus baru-baru ini meluncurkan line-up mobil listrik pertama mereka yaitu Lexus RZ 450e.

Memulai tahun 2022, Lexus akhirnya mulai fokus untuk menciptakan mobil elektrikfikasi atau listrik. Rencananya, mulai 2030 mendatang, Lexus akan berkontribusi mencapai target masyarakat netral karbon dengan menawarkan jajaran lengkap Battery Electric Vehicle (BEV). Lima tahun kemudian, pabrikan tersebut akan berupaya mencapai 100% penjualan BEV secara global.

Baca Juga : Toyota BZ4X Sudah Bisa Dipesan Konsumen Di Eropa

“Kami percaya bahwa Lexus sebagai pembuat mobil mewah harus mengejar penciptaan mobil yang menghormati alam dan lingkungan global. Dengan program ‘Lexus Electrified’, kami meluncurkan RZ untuk menghadirkan mobil listrik yang aman serta menyenangkan untuk dikendarai,” ungkap Takashi Watanabe selaku Chief Engineer Lexus.

Secara tampilan, mobil ini hadir dengan tampang khas Lexus spindle gril besar berwarna hitam dengan logo pabrikan yang cukup besar. Lampu yang tajam dengan DRL LED bumerang khas Lexus. Pada bagian samping, penggunaan pelek multipalang dengan finishing dual-tone berukuran 18 inci. Adapun penggunaan aksen two-tone membuat seolah mobil ini memiliki floating roof. Lalu, terlihat siluet samping yang mirip dengan Toyota bZ4X yang menjadi basisnya.

Pada bagian belakang, atap yang melandai ini di bekali spoiler unik dengan bentuk shark fin. Lalu, penggunaan lampu full LED yang menyambung dengan logo Lexus baru. Adapun penggunaan diffuser besar dengan kombinasi hitam mengilap dan plastik di bumper belakang.

Baca Juga : TAM Buka Peluang Pasarkan Toyota BZ4X Di Indonesia

Membahas interior, desain dasbor masih mewah dan sporty khas Lexus dengan lingkar setir baru nan unik seperti rivalnya, Tesla. Jika tidak suka dengan setir baru, pihak pabrikan memberikan opsional lingkar setir konvensional.

Dengan konsep Tazuna, roda kemudi disinkronkan dengan Head-Up Display (HUD) yang dapat menampilkan navigasi satelit, audio, dan pemilihan mode agar konsentrasi pengendara tidak terganggu. Di bagian tengah terdapat head unit besar 14 inci yang dapat dioperasikan melalui perintah suara.

Untuk memberikan ruang kabin yang lapang, terdapat panoramik sunroof yang besar serta memiliki ruang kaki yang cukup luas berkat penggunaan sasis e-TNGA. Untuk calon konsumen nantinya dapat memilih tiga pilihan warna interior yaitu Orange, Palomino, dan Dapple Grey/Black.

Baca Juga : Profil - The All New Lexus NX 350

Bicara soal fitur, mobil ini sudah dilengkapi paket Lexus Safety System+ 3.0 yaitu Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, dan Emergency Driving Stop System.

Soal performa, mobil ini dibekali motor listrik di semua roda dengan sistem ‘Direct4’ yang memiliki keluaran tenaga hingga 215 dk dengan torsi 435 Nm. Motor listrik ini didukung oleh baterai 71,4 kWh yang memiliki daya jelajah hingga 225 mil atau setara 362 km.

Bicara soal harga, sayangnya pihak Lexus tidak menyinggung nih Sob. Tetapi, mobil listrik ini mulai dijual pada akhir 2022 mendatang.