POPULAR STORIES

Suzuki Ertiga Support Concept Ramah Untuk Penyandang Disabilitas

Suzuki Ertiga Support Concept Ramah Untuk Penyandang Disabilitas Suzuki Ertiga Support Concept (Deni/KO)

KabarOto.com - Beragam produk Suzuki tampil di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Selain menampilkan jajaran produk terbaru, seperti Suzuki Jimny. PT Suzuki Indomobil Sales pun turut menampilkan mobil konsep All New Suzuki Ertiga yang dirancang khusus untuk para penyandang disabilitas.

Head of 4W Product Development & Accessoris PT SIS, Yulius Purwanto mengatakan, "Kami mengembangkan All new Ertiga Support Concept yang ramah bagi penyandang disabilitas, khususnya bagi mereka yang mengalami keterbatasan saat berjalan atau naik tangga," jelasnya saat berbincang dengan kabarOto di ICE, BSD City, Tangerang, Selasa (7/8/2018).

Baca juga: Suzuki Usung Tema Sport Di GIIAS 2018, Apa Alasannya?

All new Ertiga Support Concept hadir dengan kursi yang telah mendapatkan kustomisasi. Di mana kursi yang berada di sisi penumpang depan kini mampu diputar hingga 90 derajat untuk memudahkan kaum disabilitas.

"Kursi untuk penyandang disabilitas sebenarnya sudah banyak dipasarkan, cuma harganya kan terlampau mahal sekitar Rp 100 juta, untuk itu kami kembangkan sendiri agar harganya tidak mahal dan pas untuk keluarga khususnya manula yang memiliki mobil keluarga," Julius menambahkan.

Suzuki Ertiga Support Concept

Jika dilihat, kursi tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan kursi dalam versi standar. Namun yang membedakan adalah dudukan kursi telah dirancang sedemikian rupa agar bisa lebih mudah diputar ke arah pintu. Sebuah tuas manual ditempatkan di sisi kiri jok. Dengan tuas ini kursi penumpang di baris depan mudah diputar hingga 90 derajat ke arah pintu.

Suzuki juga mendesain ulang bukaan pintu penumpang di kursi baris depan agar bisa dibuka maksimal, sehingga tidak menyulitkan penyandang disabilitas saat akan naik atau turun dari mobil dan kemudian berpindah ke kursi roda.

Suzuki Ertiga Support Concept

"Berdasarkan riset kami, konsumen berkebutuhan khusus tidak hanya sekadar memiliki keterbatasan fisik tetapi juga yang memiliki masalah terkait usia dan kesehatan. Berdasarkan data tersebut kami memperkenalkan All New Ertiga Support Concept sebagai solusi untuk memudahkan akses mobilisasi mereka melalui mekanisme yang sederhana dan ramah disabilitas," paparnya.

Lebih jauh Yulius menjelaskan secara segmen, kebutuhan mobil yang ramah dengan disabilitas memang cukup kecil. Berdasarkan dari hasil riset dan survei, segmen hanya sekitar 3,7 persen. Namun demikian hal ini cukup menjanjikan untuk dijajaki. Terlebih aplikasi kursi ramah disabilitas itu dipasang pada mobil keluarga yang masih terjangkau serta kursinya lebih murah dari model yang sudah otomatis.

Dengan hadirnya All New Ertiga Support Concept ini diklaim sejalan dengan fokus pemerintah yang saat ini gencar memfasilitasi penyandang disabilitas dengan menjaga hidup mereka tetap seha dan produktif secara sosial, ekonomi, dan bermartabat.