Suzuki Ertiga Versi India Baru Rilis, Apa Saja Bedanya?

Suzuki Ertiga Versi India Baru Rilis, Apa Saja Bedanya? Foto: marutisuzuki.com

KabarOto.com – Suzuki Ertiga terbaru sudah kita dapatkan unitnya terlebih dahulu dibanding India yang baru dirilis kemarin. Namun apakah Ertiga versi India sama saja dengan Indonesia? Mari kita ulas.

Suzuki Ertiga versi India nantinya akan memiliki 2 varian mesin. Yaitu mesin K15B bensin berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga 103 dk, dan torsi 138 Nm. Lalu juga diesel 1.300 cc yang memiliki sistem mild hybrid atau yang biasa disebut Suzuki sebagai SHVS, yang hanya tersedia dalam versi manual, bertenaga 88 dk dan 200 Nm.

Baca Juga: Suzuki Tampilkan All New Ertiga Custom Untuk Inspirasi Konsumen

Tidak seperti versi Indonesia yang hanya punya 4 varian, versi India ini punya sampai 10 tipe yakni LXI, VXI, VXI AT, ZXI, ZXI +, ZXI AT, LDI, VDI, ZDI dan ZDI+. Untuk yang berkode X itu menggunakan mesin bensin, sementara yang berkode D menggunakan mesin diesel.

Bagian eksterior mobil ini masih sama saja dengan versi yang ada di Indonesia. Bagaimana dengan fitur keselamatannya? Jawabannya lengkap sama seperti versi lokal.

Fitur seperti rem ABS, EBD, ESC, Brake Assist, Dual SRS Airbags, seatbelt reminder, kursi ISOFIX di bangku belakang dan sensor parkir sudah menjadi standar pada Ertiga ini di semua trim.

Baca Juga: Ini Negara Tujuan Ekspor Suzuki

Ada juga fitur baru tambahan yang disematkan pada Ertiga ini, seperti Idle Start Stop, Brake Energy Regeneration dan Torque Assist during Acceleration.

Dari sisi interior, mobil ini masih mengusung tema elegan dengan dominasi warna krem dan juga menggunakan panel-panel kayu untuk mempercantik kesan dalam kabin. Tidak ada ubahan bentuk signifikan yang terjadi dari Ertiga India ini. Hanya head unit dan bentuk panel pengaturan AC saja yang berbeda.

Lalu sistem entertainment dalam kabin juga dapat memanjakan penumpang, dengan head unit yang sudah didukung oleh Android Auto dan Apple CarPlay. Bedanya, versi India sudah gunakan AC auto climate control, sementara varian di Indonesia masih menggunakan kenop biasa.

Ada juga cup holder yang bisa mendinginkan minuman, layar MID yang sudah TFT full colour dan audio steering switch, yang berguna memudahkan pengemudi untuk mengganti file lagu dari setir.

Baca Juga: Begini Cara ASEAN NCAP Menilai Mobil Aman Atau Tidak

Menariknya, harga versi di India dibanderol lebih murah ketimbang Ertiga lokal. Mulai dari versi terendah dengan 7,44 Lakh atau sekitar Rp 152,5 juta dan untuk yang tertinggi adalah tipe SHVS Zdi+ dengan 10,90 lakh atau sekitar Rp 224 juta.

Harga tersebut lebih murah sekitar Rp 14 juta sampai Rp 35 juta dibanding versi lokal, dengan fitur yang lebih lengkap.