POPULAR STORIES

Suzuki Sedang Kembangkan Skuter Listrik, Berikut Desainnya

Suzuki Sedang Kembangkan Skuter Listrik, Berikut Desainnya

KabarOto.com - Hampir seluruh pabrikan sepeda motor sedang mengembangkan motor listrik yang ramah lingkungan. Motor yang mengandalkan baterai sebagai tenaganya ini, beberapa tahun ke depan akan banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Salah satu pabrikan motor yang sedang mengembangkan motor listrik adalah Suzuki. Hasil riset skuter listrik saat ini sudah beredar. Dilansir dari Visordown, Suzuki sudah memiliki paten untuk motor listrik skuter yang mungil. Melalui desain tersebut, ditampilkan sistem penggerak dan lengan ayun yang berbeda dari skuter umumnya.

Baca Juga: Akrapovic Hadirkan Knalpot Khusus Suzuki Hayabusa

Motor listrik biasanya meletakkan penggerak di roda belakang, namun dari gambar yang beredar, justru penggerak berada di tengah, dan disambung menggunakan belt ke roda belakang.

Sistem elektronik seperti baterai dan kontroler diletakkan di bagian atas penggerak, yang ada di bawah jok motor. Begitu juga sejumlah komponen elektronik seperti baterai, pengontrol kecepatan, dan transformator.

Terlihat aneh memang untuk sebuah kendaraan roda dua, namun tentunya Suzuki memiliki alasan tersendiri, menggunakan desain tersebut di motor yang sedang dikembangakannya ini.

Agar motor listrik tidak panas, Suzuki juga akan menyematkan sistem pendingin udara. Ada saluran udara khusus dengan jalur masuk dan keluar, serta kipas yang dipasang di dalam motor. Komponen-komponen yang mengeluarkan panas ditempatkan dekat saluran pendingin tersebut.

Baca Juga: Suzuki Catat Penjualan Positif Pelumas Ecstar Untuk Mobil

Belum diketahui kapan rencana desain ini akan direalisasikan ke jalur produksi. namun, desain ini sangat dimungkinkan untuk direalisasikan, karena pasar otomotif kini mengarah ke kendaraan listrik.