POPULAR STORIES

Suzuki Tanggapi Soal Perpanjangan PPnBM 100 Persen

Suzuki Tanggapi Soal Perpanjangan PPnBM 100 Persen Suzuki Ertiga dapat insentif PPnBM

KabarOto.com - Pemerintah terus berupaya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, dengan menjalankan berbagai kebijakan strategis. Salah satu upayanya melalui pemberian insentif fiskal berupa penurunan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk kendaraan bermotor.

“Kementerian Keuangan sudah senada dengan kami, bahwa PPnBM DTP dapat diperpanjang," terang Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akhir pekan lalu.

Perpanjangan PPnBM 100% yang diusulkan oleh Menperin dan disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati, dalam rapat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Jum'at lalu.

Baca juga: Laris, Penjualan Suzuki New Baleno Meningkat 32 Persen

PT Suzuki Indomobil Suzuki (SIS), Agen Pemegang Merek Suzuki mendapatkan insentif tersebut untuk dua modelnya, yaitu Suzuki XL7 dan Ertiga. Lalu bagaimana pabrikan berlambang S ini menanggapi perpanjangan PPnBM 0 persen ini?

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS menyatakan, pihaknya menyambut baik kabar perpanjangan tersebut. "Tentunya akan kembali merangsang pertumbuhan industry otomotif nasional," terangnya kepada Kabaroto.com, Selasa (15/06/2021).

Menurutnya, bukan hanya pabrikan pemegang merek yang merasakan manfaat tersebut, industri pendukung lainya seperti diler, pemasok suku cadang lokal dan industri keuangan juga tumbuh.

Baca juga: Suzuki Vitara PHEV Masuk Rencana Mobil Baru Tahun Depan

Meningkatnya pemesanan untuk kedua merek tersebut, membuat Suzuki harus menambah jam kerja di pabrik Cikarang dan memberlakukan holiday working atau bekerja di hari libur. Tujuannya agar dapat meningkatkan jumlah produksi All New Ertiga dan XL7.