POPULAR STORIES

Tahun 2026 Jadi Musim Penting Honda Mewujudkan Ambisi Aston Martin

Tahun 2026 jadi Musim Penting Honda Mewujudkan Ambisi Aston Martin Foto: Formula 1

KabarOto.com - Petualangan baru Honda dan Aston Martin akan dimulai musim 2026, ini artiya pabrikan mesin Honda akan tetap di Formula 1 sebagai pemasok mesin. Diharapkan Honda akan mendongkrak performa Aston Martin, dan mewujudkan ambisinya sebagai tim juara.

Kerja sama ini dianggap ideal, karena Honda akan menjadi pemasok utama mesin bagi tim Aston Martin. Dengan demikian pihak tim yang bermarkas di Silverstone, Inggris, tidak lagi akan bergantung pada Mercedes-AMG sebagai pemasok mesin dan komponen pendukung kendaraan.

Honda dan Aston Martin bisa merencanakan membuat komponen untuk kendaraan musim 2026, seperti suspensi, rem dan sasis yang akan disesuaikan dengan mesin baru Honda untuk musim tersebut.

Baca juga: Honda Sepakat Jadi Pemasok Mesin F1 2026 Untuk Aston Martin Cognizant

Lawrence Stroll (kanan) berjabat tangan dengan Toshihiro Mibe (kiri), tanda kerja sama berlangsung

“Saya ingin menyambut Honda dan Honda Racing Corporation (HRC) ke Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team. Kami saling berbagi dorongan, tekad, dan ambisi tanpa henti untuk sukses di lintasan," ujar Lawrence Stroll, Ketua Eksekutif Aston Martin F1.

Lawrence Stroll ingin berterima kasih kepada Toshihiro Mibe (CEO Honda Corporation) dan Koji Watanabe (Presiden HRC), dan seluruh tim di HRC. "Saatnya kita memulai masa depan yang menarik ini bersama mulai tahun 2026," tambah Stroll.

Salah satu alasan utama keputusan Honda untuk mengambil tantangan baru di F1, adalah bahwa bentuk balap puncak dunia berusaha untuk menjadi seri balap yang berkelanjutan, yang sejalan dengan arah Honda menuju netralitas karbon, dan itu akan menjadi platform yang akan memfasilitasi pengembangan teknologi elektrifikasi Honda.

“Honda adalah perusahaan yang memiliki sejarah pertumbuhan dengan menghadapi tantangan dan memenangkan balapan kelas dunia. Dengan peraturan baru 2026, kunci kemenangan adalah motor listrik yang kompak, ringan, dan bertenaga tinggi dengan kinerja tinggi. baterai mampu menangani output daya yang tinggi dan cepat, serta teknologi manajemen energi," ungkap Toshihiro Mibe selaku CEO Honda.

Musim 2026, menjadikan Aston Martin sebagai tim pabrikan Honda. Mengakhiri sebagai tim konsumen dari Mercedes, ini menjadi ambisi Stroll untuk menjadikan Aston Martin sebagai tim juara.

Saat ini, Honda masih menjadi pemasok mesin Red Bull Racing hingga 2025. Di bawah bendera Red Bull Powertrains sebagai pengembang mesin, Honda RBPTH001 menjadi andalan tim musim 2023, setelah sebelumnya RA620H menjadi andalan di 2020, RA621H sukses membawa Max Verstappen menjadi juara dunia F1 pada 2021 dan musim 22 kembali meraih juara dunia pembalap F1, di mana mesinnya hasil garapan HRC.

Baca juga: Musim 2026 Mendatang, Aston Martin Dan Honda Berkolaborasi?

Mesin Honda RBPTH001 adalah kolaborasi antara Honda dan Red Bull Powertrains musim 2023

Untuk mewujudkan sebagai tim juara, sebelumnya Stroll juga menggandeng mantan Direktur Eksekutif McLaren yakni Martin Whitmarsh. Pria asal Inggris itu bertindak sebagai tangan kanan Stroll dan Direktur Utama Grup di Aston Martin. Pria inilah yang berhasil melakukan kerjasama McLaren dan Mercedes pada 2013, ia dianggap mampu memberikan kontribusinya untuk mewujudkan ambisi Stroll terhadap Aston Martin.

Uniknya, Whitmarsh inilah yang berhasil membujuk Honda kala itu untuk kembali ke F1 dan bergabung dengan McLaren pada 2015 hingga berakhir pada 2019. Honda berkomitmen untuk tetap di F1 di bawah regulasi baru 2026, pabrikan mesin asal Jepang ini juga akan membangun struktur mesin Honda untuk musim 2026 bersama Aston Martin selama 3 tahun.

Kita tunggu saja sepak terjang tim Aston Martin dan Honda pada musim 2026.