POPULAR STORIES

Honda Sepakat Jadi Pemasok Mesin F1 2026 Untuk Aston Martin Cognizant

Honda Sepakat Jadi Pemasok Mesin F1 2026 untuk Aston Martin Cognizant Foto : F1.

KabarOto.com - Honda telah mendaftar sebagai pemasok mesin untuk Formula 1 2026, setelah beberapa mencari mitra, akhirnya kesepakatan pun terjalin untuk memasok unit tenaga ke Aston Martin.

Honda meninggalkan F1 pada akhir 2021, setelah tujuh tahun bertahan di F1, dan puncaknya saat kemenangan Max Verstappen (Red Bull Racing) pada 2021 lalu, dan musim 2022 secara beruntun.

Namun pada akhirnya keduanya melanjutkan kerja sama dengan terus memasok mesin ke Red Bull Racing hingga akhir tahun 2025.

Tetapi ketidakpastian Honda membuat Red Bull Racing terlanjur memilih mengembangkan Red Bull Powertrain, dan diperparah mereka memilih mitra baru, yakni raksasa mobil Amerika Ford.

Baca Juga : Jadwal F1 Monako 2023, Akankah Raja Sirkuit Jalanan Sergio Perez Juara Lagi?

Saat F1 meluncurkan peraturan mesin barunya untuk tahun 2026, Honda tertarik dengan persyaratan untuk menggunakan 100% bahan bakar ramah lingkungan, dan fokus yang lebih besar pada tenaga listrik, karena menghasilkan hubungan untuk pengembangan perusahaan otomotif tersebut.

“Honda dan mitra baru kami, Aston Martin F1 Team, memiliki sikap dan tekad yang sama untuk menang, jadi mulai musim 2026, kami akan bekerja sama dan berjuang untuk gelar juara sebagai Aston Martin Aramco Honda," ujar CEO Honda, Toshihiro Mibe.

Baca Juga : Tambah Koleksi Lando Norris Boyong McLaren 765LT Kustom

Melihat perkembangan Aston martin Cognizant sangat pesat musim ini, rasanya tepat jika Honda memilih tim asal Inggris itu. Dengan begitu artinya Aston Martin sendiri akan melepas kerja sama dengan Mercedes yang jadi pemasok mesinnya sekarang.