POPULAR STORIES

Tak Hanya Menjual Sepeda Motor, Yamaha Dukung Pemerintah Mengurangi Emisi Karbon

Tak Hanya Menjual Sepeda Motor, Yamaha Dukung Pemerintah Mengurangi Emisi Karbon Yamaha Grand Filano (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Tak hanya menjual sepeda motor, Yamaha Indonesia Manufacturing Motor (YIMM) juga ikut men dukung program pemerintah mengurangi emisi karbon.

Perusahaan asal Jepang menanam ribuan pohon mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. Acara ini bertepatan dengan hari Mangrove sedunia, pada 26 Juli 2023.

Baca Juga: Siapkan Motor Sobat, Maxi Yamaha Day Ride & Camp Digelar Di 11 Kota Indonesia

Kegiatan bertajuk “Indonesia Sustainability” merupakan bagian dari program Yamaha Biodiversity Care. Tujuannya untuk menekan emisi karbon melalui penguatan konservasi lingkungan, dan keanekaragaman hayati, sehingga kualitas hidup masyarakat bisa meningkat.

Manajemen YIMM bersama pemerintah kota Jakarta Utara menanam Mangrove di Pantai Indah Kapuk

Dyonisius Beti, President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, sebagai industri sepeda motor, pihaknya telah menetapkan komitmen untuk mencapai Net Zero Carbon di tahun 2035, atau secara riil CO2 yang dihasilkan industri Yamaha bisa turun mencapai 92% di tahun 2035.

"Di tahun lalu, kami sudah menanam 2.000 pohon di pantai Karawang," terang Dion.

Kali ini mereka menanam 5.000 pohon mangrove di PIK Jakarta, selanjutnya 25.000 pohon mangrove, tersebar di beberapa lokasi, Jakarta, Jawa Barat dan area lain yang cocok atau layak tanam.

Penanaman pohon mangrove tersebut setidaknya dapat memberikan dampak signifikan terhadap lingkungan karena mampu menyerap sekitar 1.300 ton CO2 per tahunnya.

Sementara itu, pada sisi pemanfaatan energi ramah lingkungan, Yamaha sudah melakukan pengalihan dari industri berbasis energi fossil ke industri berbasis renewable energy atau fossil free secara bertahap.

Baca Juga: Yamaha Ajak Konsumen Touring Dari Demak Ke Jepara

Implementasi cakupannya dimulai dari 15% di tahun 2022, dan sedang disusun bekerja sama dengan PLN menuju 2026, ditargetkan total kapasitas renewable energy bisa mencapai mencapai 6.750 kWp. Artinya, pabrik Yamaha nantinya akan mampu mereduksi emisi pabrik, minimal sebesar 9.600 ton CO2 per tahun.