POPULAR STORIES

Tak Penuhi Syarat, Pemudik Siap-siap Putar Balik Dari Sumatera Utara

Tak Penuhi Syarat, Pemudik Siap-siap Putar Balik dari Sumatera Utara

KabarOto.com - Jelang Hari Raya Idul Fitri beragai pihak terus lakukan pengawasan terkait larangan mudik. Tak hanya Pulau Jawa, Pulau Sumatera juga ikut mengawasi pengguna jalan yang terindikasi sebagai pemudik. Sumatera Utara sejak beberapa waktu lalu sudah ikut menjaga pintu masuk dengan menyiapkan 25 titik pemeriksanaa.

Titik penyekatan tersebar di berbagai jalur perbatasan yang memungkinkan sebagai jalan masuk pemudik. Tak hanya titik pemeriksaan, Polda Sumut juga membuat 125 posko mudik di sejumlah daerah.

Baca Juga: Perbatasan Hingga Jalur Alternatif Di Sumatera Utara Dijaga Ketat Dari Pemudik

"Di 25 check point itu kamu akan perintahkan kembali lagi ke tempat asalnya, apabila ada masyarakat yang ingin masuk ke Sumut tetapi tidak memenuhi syarat. Syarat tersebut antara lain tes suhu tubuh, rapid test, dan lainnya," ujar Kapolda Sumut Irjen Pol. Martuani Sormin Siregar.

Sampai saat ini Polda Sumut sudah menghalau 700 kendaraan karena tidak lolos persyaratan di perbatasan. Tindakan tersebut dilakukan baik kepada kendaraan pribadi maupun umum.

"Untuk saat ini, kurang lebih sekitar 700 kendaraan baik roda dua, roda empat dan bus sudah diperintahkan untuk kembali karena penumpangnya ada yang tidak lolos check point tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Mendekati Hari Raya Penyekatan Mudik Diperketat, Terutama Akses Menuju Jawa Dan Sumatera

Apabila ada masyarakat yang melawan petugas, Polda Sumut akan menggunakan UU No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Tak main-main, sanksi pidana terhadap ancaman UU ini adalah sanksi pidana 1 tahun penjara.

"Saya mengimbau tidak perlu ini kita lakukan. Mari kita turuti dan taati instruksi Presiden untuk tidak mudik," tutup Kapolda Sumut.