POPULAR STORIES

Tamiya Buat Versi Mini Yaris WRC

Tamiya Buat Versi Mini Yaris WRC

KabarOto.com – Tamiya memang sudah melekat bagi semua kalangan di Indonesia, jika mendengar nama tersebut, pasti langsung mengacu pada sebuah mainan mobil-mobilan yang siap balap di mini trek bersama teman-teman.

Tamiya yang pertama kali kita kenal mungkin adalah Dash! Yonkuro, atau terkenal juga dengan mobilnya Dash Emperor. Lalu seiring berjalannya waktu, bentuk dari Tamiya Mini 4WD makin futuristik dan beragam sehingga menarik perhatian kalangan anak-anak.

Barulah pada tahun 2000-an awal kembali lagi ditayangkan anime Let’s and Go! Yang menjadi awal kembalinya masa jaya Mini 4WD di Indonesia, dari sana mulai banyak perlombaan, dan juga para penghobi baru mainan tersebut.

Baca Juga : Ini Mobil-mobil Elektrik Yang Akan Dipajang Toyota Di GIIAS 2019

Yang menarik dari Tamiya adalah walau sudah termasuk mainan lama, namun selalu saja ada update terbaru dari Mini 4WD. Misalnya dari teknologi baru sasis, aksesoris modifikasi baru, hingga model bodi dibuat unik, sehingga para pehobi mainan ini semakin atraktif karena makin banyak variasinya.

Beberapa waktu lalu Tamiya baru saja meluncurkan model teranyarnya, bukan desain seperti biasanya yang memiliki bentuk ekstrem dan nyeleneh, melainkan mengambil model dari Toyota Yaris WRC. Namun memang bukan bentuk sempurna seperti aslinya, karena ada penyesuaian pada bodi dengan bagian sasis.

Baca Juga : Keren! Toyota C-HR Modifikasi Total Sob!

Basis dari model ini adalah Toyota Yaris versi Eropa milik Toyota Gazoo Racing World Rally Team yang akan digunakan pada kompetisi Rally musim 2019. Walau bentuk sedikit diubah, tetapi secara garis besar tingkat presisi menyesuaikan versi aslinya cukup tinggi. Bahkan nama Kris Meeke dan co driver Seb Marshall, termasuk Ott Tanak dan Martin Jarveoja serta pasangan Jari-Matti Latvala dan Miikka Anttila, tercantum pada bagian kaca belakang mobil ini loh.

Nantinya mobil ini akan mendapat sasis tipe MA Chassis, dimana tipe ini memposisikan dinamo di tengah dan menggunakan dinamo kepala dua.

Dengan demikian, bobot berada di tengah apalagi penempatan baterai berada di sisi kiri dan kanan dinamo tadi. Secara tidak langsung hal ini memberikan keuntungan, membuat mobil Tamiya ini stabil saat berada pada lintasan trek.

Semua bagian bodi dari Yaris WRC tadi diaplikasikan semirip mungkin dengan versi Tamiya-nya. Mulai dari lekukan bodi, bahkan detail seperti garis lampu, lekukan overfender terlihat cukup detail.

Bahkan detail ornamen stiker pada Yaris WRC benar-benar diadaptasikan pada mainan Tamiya ini. Mulai dari logo sponsor seperti PIAA, Panasonic, Denso, Microsoft, Michelin, dan sebagainya tertempel rapih.

Tidak hanya itu, ciri khas mobil rally dengan menggunakan pelek model piring juga diterapkan pada Mini 4WD ini, memiliki warna abu-abu dan berbalut ban low profile.

Paket pada Tamiya Toyota Yaris WRC tersebut sudah termasuk dengan roda gigi rasio 3.5 dan dinamonya kok sob. Selanjutnya tinggal memasangkan 2 buah baterai AA, maka Toyota Yaris WRC Mini 4WD sudah siap diajak berlaga di mini trek.

Untuk pasar Indonesia sebenarnya sudah ada yang menjualnya, tetapi menurut informasi, stok sangat terbatas karena produk ini cukup baru atau bahkan kalian harus melakukan pre-order terlebih dahulu untuk membelinya. Harganya sendiri dibanderol sekitar Rp 200 – 300 ribu untuk 1 kit-nya.

Oh iya, peluncuran produk ini bersamaan dengan varsi radio kontrol yang desainnya sama, namun memiliki skala 1/10 dan bentuknya lebih menyerupai aslinya.

Bagaimana, tertarik membelikannya untuk anak atau koleksi anda sobat KabarOto?