Tanda Kampas Rem Mobil Matic yang Telah Tipis

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 19 Oct 2016 - 01:10
Tanda Kampas Rem Mobil Matic yang Telah Tipis
Mobil Matic kampas remnya lebih cepat habis (Foto: Istimewa)

Sistem pengereman pada mobil transmisi Matic sangat berbeda dengan sistem pengereman transmisi manual. Karena saat mengurangi kecepatan matic lebih mengandalkan rem, sedangkan transmisi manual dengan mengurangi persneling kecepatan sudah bisa berkurang. Kondisi ini dimaklumi mobil Matic kampas remnya lebih cepat habis.

Rata-rata usia pemakaian kampas rem pada mobil matic pabrikan hingga jarak tempuh 35 ribu hingga 40 ribu kilometer. Separuh dari usia pakai kampas rem pada mobil manual yang umumnya mencapai pemakaian 60 ribu hingga 70 ribu kilometer. Usia kampas rem sangat dipengaruhi juga oleh gaya mengemudi.

Nah kali ini KabarOto bersama Jajang mekanik senior akan memberi informasi bagaimana mengetahui kampas rem itu sudah menipis atau belum.

Yang pertama harus anda lakukan dengan melihat minyak rem pada tabung pengisian. Kalau minyak rem tidak mengalami kebocoran tapi minyak turun dengan cepat itu pertanda kampas rem sudah mulai menipis dan harus diganti.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan lainnya adanya getaran saat pedal rem diinjak serta munculnya suara gesekan besi dengan besi saat anda melakukan pengereman. Pedal rem juga akan terasa pengeremanya jika pedal rem diinjak lebih dalam.

Tanda lain kampas rem mobil matic sudah menipis dapat dilihat dari sisa kotoran kampas rem yang keluar dan menempel pada pelek mobil.

Jika kondisi ini sudah terlihat, harus segera diganti ini agar tidak merembet pada komponen lain seperti piringan cakram. Kalau cakram sudah kena gesekan maka akan mengurangi fungsi pengereman, karena cakram sudah tidak rata permukaannya.

Baca Juga: