POPULAR STORIES

Catat, Ini Dampak Buruk Menggunakan Kampas Rem Motor Palsu

Catat, Ini Dampak Buruk Menggunakan Kampas Rem Motor Palsu Rem motor matik orisinil standar pabrikan (Foto: WMS)

KabarOto.com - Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting keberadaannya pada sepeda motor. Namun, berbahaya menggunakan kampas rem palsu, seperti kampas atau pcakram, bukan orisinil pabrikan.

Harganya yang murah, membuat banyak pemilik motor menggunakannya. Head of Technical Service Department PT WMS, Benedictus F Maharanto memberikan informasi, dampak buruk menggunakan kampas rem palsu bagi sepeda motor.

Sebelumnya, kita akan mengenal dulu prinsip kerjanya, yaitu memanfaatkan gesekan antara dua buah kampas rem dengan piringan cakram.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Kampas Rem Motor Harus Segera Diganti

Ketika pedal rem diinjak (untuk sport) atau ditekan (untuk matik), maka master silinder akan mengalirkan minyak rem untuk mendorong piston di kaliper. Kemudian akan menekan kampas rem, agar menjepit cakram sehingga laju kendaraan menjadi terhenti.

Kampas rem motor matik (Foto: Honda)

Dalam penggunaanya, kondisi sistem rem tidak bertahan lama, gesekan pada komponen sistem rem menyebabkan performa akan semakin menurun. Hal ini terjadi karena ketebalan kampas rem dan brake disc akan selalu berkurang seiring waktu pengoperasian.

Untuk itu, wajib bagi pemilik motor untuk merawat secara rutin dan menggunakan produk berkualitas. Dampak buruk menggunakan kampas rem palsu pada sepeda motor:

1. Cakram akan cepat aus

Kampas palsu, struktur materialnya lebih keras dibanding orisinil, piringan cakram cepat terkikis. Disebabkan oleh gesekan yang terjadi antara kampas rem dengan cakram.

2. Suara bising pada saat pengereman

Gesekan antara piringan cakram dengan kampas rem palsu memiliki jenis material tidak standar, atau dianggap lebih keras, menyebabkan bunyi yang saat pengereman. Tentunya akan menggangu saat berkendara.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kampas Rem Motor Harus Segera Diganti

3. Kurang pakem

Kampas rem palsu membuat rem kurang pakem, karena bahannya keras. Sementara kampas rem orisinil lebih empuk, bisa bekerja dengan optimal, memberikan daya cengkram ke cakram yang lebih baik pada saat pengereman berlangsung.