POPULAR STORIES

Kenali Tanda-tanda Kampas Rem Motor Harus Segera Diganti

Kenali Tanda-tanda Kampas Rem Motor Harus Segera Diganti Cakram aus harus segera diganti, agar tidak merusak piringan cakram (Foto: DAM)

KabarOto.com - Sistem pengereman merupakan bagian terpenting di sepeda motor. Pemilik motor wajib memeriksa sistem pengereman, salah satunya kampas rem. Kenali tanda-tanda Kampas rem harus segera diganti.

Kampas rem berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda, agar sepeda motor bisa berhenti dengan sempurna. Kerja kampas rem dapat berkurang akibat panas yang ditimbulkan dari gaya gesek saat pengereman.

Baca Juga: Pahami Kelebihan Dan Kekurangan Jenis Kampas Rem

Oleh karena itu, kampas rem yang baik adalah kampas rem yang mampu bekerja pada suhu panas sehingga tidak terjadi pengerasan permukaan yang bisa membuat daya cengkram berkurang akibat panas berlebih.

Beberapa tanda kampas rem harus segera diganti (Foto: DAM)



Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, jika sistem rem tidak bekerja dengan baik, bisa blong dan berisiko terjadi kecelakaan.

“Kampas rem yang habis, bisa juga merusak cakram atau dinding drum pada rem tromol sehingga biaya perawatan yang harus dikeluarkan jadi lebih besar,” ujar Ade.
Berikut tanda kampas rem sudah habis:

1. Pada Sistem Rem Tromol
Kondisinya bisa diketahui dengan menekan pedal rem. Jika indikator keausan bertepatan atau melewati tanda keausan, itu berarti kampas rem sudah harus diganti.

Periksa pula kondisi kampas rem dan diameter dalam drum brake dari roda sepeda motor. Proses pembongkaran, penggantian kampas rem dan pemasangan roda, membutuhkan keahlian khusus, sebaiknya dilakukan oleh mekanik bengkel.

Baca Juga: Jangan Tertipu Harga Murah, Begini Cara Memilih Kampas Rem Motor Berkualitas

2. Pada Sistem Rem Cakram
Untuk sistem rem hidrolik atau biasa disebut rem cakram, indikator keausan dapat dilihat dari bawah kaliper rem. Periksa kondisi indikator keausan, jika kampas rem sudah menunjukan tanda aus, gantilah kampas dengan yang baru. Selain itu indikator lainnya, adalah kapasitas minyak rem terlihat berkurang dari garis di tabung reservoir.