POPULAR STORIES

Pahami Kelebihan Dan Kekurangan Jenis Kampas Rem

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Jenis Kampas Rem Dok : KabarOto

KabarOto.com - Kampas rem untuk kendaraan bermotor, yang beredar di pasaran memiliki bahan dan material berbeda-beda. Ada 3 jenis, yakni Soft atau empuk, Medium, dan Hard atau keras. Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis kampas rem? Yuk simak.

Sekadar penggunaan harian, biasanya material kampas rem yang cocok adalah soft. "Soft menggunakan bahan organik seperti serbuk kaca, karbon, kevlar, dan sebagainya," ujar Suhendra Hanafiah, Operation Manager, PT. Sumber Berkat Anugrah.

Ilustrasi kampas rem soft (atas) dan hard (bawah).

Kelebihan kampas jenis ini, ebih halus, dan juga meminimalisir suara bising saat pengereman. Namun kekurangannya, bahan cepat terkikis, sehingga debu sisa pengereman lebih banyak, dan kotornya menempel di pelek maupun kaliper.

Baca Juga : Tips Mengemudi Saat Gempa Bumi, Jangan Panik!

Lalu ada tipe Medium, yang menggunakan bahan ceramic, dengan sedikit campuran serat tembaga. Kelebihan bahan ini tidak mudah terkikis, serta mampu tahan panas hingga suhu tertentu, dan ramah terhadap piringan rem. Tapi kekurangannya, suara pengereman sedikit lebih kasar, serta harga relatif lebih mahal ketimbang bahan Soft.

Terakhir adalah Hard, bahan ini paling tidak cocok untuk mobil harian. Kampas ini punya lebih banyak kandungan metal dan besi. Kampas ini tidak bisa disandingkan dengan piringan rem standar pabrik, karena bahan kerasnya akan merusak, lebih cepat habis atau membuat piringan bergelombang.

Jadi kalau kalian ingin membeli kampas rem, diperhatikan dulu ya Sob!