Tata Cara Baru Saat Naik Transportasi Umum Di Era New Normal

Tata Cara Baru Saat Naik Transportasi Umum di Era New Normal

KabarOto.com - Beberapa bulan terakhir masyarakat Indonesia cukup kesulitan melakukan aktivitas diluar rumah. Pasalnya, sejak mewabah virus Corona atau Covid-19 masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah dan tidak melakukan kegiatan di luar rumah apabila tidak mendesak.

Usai diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berkali-kali diperpanjang kini aktivitas masyarakat berangsur normal. Masyarakat sudah mulai melakukan aktivitas dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baru yang biasa disebut New Normal.

Baca Juga: Begini Tata Cara Beli BBM Di Pertamina Saat New Normal

Kini pemerintah tengah menyiapkan tatanan untuk era New Normal di berbagai sektor. Moda transportasi menjadi salah satu yang diperhatikan, pasalnya ini merupakan alat mobilitas masyarakat dalam aktivitas sehari-hari. Pembatasan sosial dan fisik tentunya menjadi perhatian utama di masa new normal tersebut.

Ada beberapa protokol yang harus ditaati oleh penumpang transportasi umum, antara lain:

1. Pastikan kondisi badan fit dan sehat. Apabila merasa batuk, demam, dan pilek lebih baik berada di rumah dan tunda bepergian hingga sehat.
2. Gunakan masker atau face shield.
3. Bawa hand sanitizer atau tissue basah. Gunakan perlengkapan kebersihan ini apabila sebelumnya secara terpaksa menyentuh fasilitas umum.
4. Saat menggunakan transportasi umum ikuti protokol kesehatan yang berlaku.
5. Jaga jarak dengan penumpang lain
6. Gunakan helm milik sendiri.
7. Gunakan pembayaran non tunai.

Baca Juga: Ojol Siapkan Sekat Saat New Normal, Ternyata Berbahaya

Sobat KabarOto, pastikan hal-hal tersebut ditaati dan dilakukan demi meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia.