POPULAR STORIES

Team HRC WSBK Kagumi Adaptasi Xavi Vierge Dan Iker Lecuona

Team HRC WSBK Kagumi Adaptasi Xavi Vierge dan Iker Lecuona Xavi Vierge jajal Honda CBR1000RR-R Fireblade, Sumber Foto : HRC

KabarOto.com – Memulai musim baru sebagai pembalap World Superbike (WSBK) 2022, Xavi Vierge dan Iker Lecuona akan memulai debutnya Bersama tim Honda Racing Corporation (HRC).

Usai bertahun-tahun memacu motor balap purwarupa MotoGP, duet anyar Vierge-Lecuona kini harus membiasakan diri dengan Honda CBR1000RR-R Fireblade. Walau tidak dibekali pengalaman, keduanya mampu cepat beradaptasi dalam sesi tes di Jerez pada 15-17 Desember lalu. Keduanya juga diuntungkan dari kondisi cuaca yang cerah selama sesi tes resmi tersebut.

Baca juga: Sambut MotoGP dan WSBK 2022, Sirkuit Mandalika Penuhi Homologasi

Xavi Vierge

“Pada dasarnya kami membuat awal yang bagus. Baik Iker maupun Xavi yang beradaptasi dengan sangat cepat dengan motor dan tim. Anda dapat melihat bahwa mereka sangat termotivasi. Waktu lap bagus, tapi ini bukan tujuan kami. Dalam sesi tes ini mereka hanya mencoba memahami motor, ban, dan perubahan yang kami lakukan,” ungkap Leon Camier selaku Team Manager HRC.

Camier juga mengaku terkesan dengan duet pembalap anyar mereka. Pasalnya, saat hari pertaam tes kedua pembalap rupanya sudah mengetahui basis motor yang akan dipakai.

Iker Lecuona

Baca juga: Menjelang WSBK 2022, Jonathan Rea Ingin Kawasaki Lakukan Pembaruan

Perihal motor yang dipakai saat uji coba, Camier mengungkap bahwa mereka menggunakan motor spek 2021. Hal ini bertujuan agar Iker dan Xavi dapat memahami set-up, dan bisa mengevaluasi pembaruan yang bakal diperkenalkan Honda untuk musim depan.

“Kondisinya sangat bagus sepanjang tes. Walaupun Iker harus melewatkan hari terakhir. Tentu saja, kami membutuhkan lebih banyak waktu di trek dengan kedua pembalap. Sehingga mereka bisa mendapatkan pengalaman secara bertahap. Ini adalah proses pembelajaran yang menyeluruh, tapi semuanya berjalan dengan sangat baik,” tutup Camier.

Usai tes WSBK Jerez, pihak tim kini akan beristirahat sejenak selama libur musim kejuaraan sebelum kembali ke sirkuit pada Januari mendatang. Sementara itu, Iker tengah memulihkan fisik usai cedera patah pada jari kelingking akibat terjatuh di Tikungan 12.

Iker Lecuona bersama Leon Camier (kiri)