POPULAR STORIES

Tenaga Mobil Berkurang Saat AC Menyala, Ini Penyebabnya

Tenaga Mobil Berkurang Saat AC Menyala, Ini Penyebabnya penyebab tenaga mesin yang hilang saat AC mobil dinyalakan adalah jika ternyata anda kurang memperhatikan perawatan mesin mobil anda

Masalah yang sering dihadapi saat mengendarai mobil adalah ketika AC dinyalakan dan sedang bekerja, tenaga mesin seperti berkurang drastis dan sangat menurun. Saat berjalan pelan pun anda mungkin harus menginjak pedal gas lebih dalam agar tenaga didalam mesin kelur lebih banyak. Nah jika hal tersebut terjadi pada mobil anda yang anda harus lakukan adalah mengetahui apa penyebab turunnya mesin tersebut. Jika hal tersebut terjadi pada mobil anda, mungkin anda perlu mengetahui penyebab turunnya tenaga mesin mobil tersebut.

Berikut ini Asapmobil memberikan beberapa penyebab kemungkinan yang mengakibatkan tenaga mobil hilang saat AC sedang bekerja.

Untuk mobil yang belum menggunakan sistem injeksi, atau masih menggunakan karburator, tenaga mesin yang drop bisa disebabkan karena setelan RPM pada kondisi idle masih kurang tepat atau terlalu rendah. Penyetelan RPM ini sangat mempengaruhi beban dan putaran mesin, khususnya saat mobil dalam kondisi diam atau tidak di gas. Untuk mobil injeksi, biasanya hal ini sudah diatur pada ECU yang ada di mobil tersebut. Meski demikian, terkadang hal ini juga tetap harus diperhatikan. Idealnya, RPM mobil saat diam dan tanpa menyalakan AC adalah sekitar 800 RPM.Dan jika AC dinyalakan, idle akan naik menjadi 900 hingga 1000 RPM.

AC mobil
Tenaga mesin mobil yang drop saat menggunakan AC juga bisa disebabkan karena kompresor yang digunakan terlalu besar dari standar yang ditentukan

Tenaga mesin mobil yang drop saat menggunakan AC juga bisa disebabkan karena kompresor yang digunakan terlalu besar dari standar yang ditentukan. Biasanya, hal ini terjadi karena kompresor AC bukan asli bawaan pabrik atau juga hasil upgrade dari seri sebelumnya namun kemudian kurang cocok dengan spesifikasi yang dimiliki mesin mobil. Efeknya, kompresor terlalu membebani mesin mobil.


Selain kesalahan di sektor mesin, masalah tenaga mesin mobil yang drop saat menggunakan AC juga bisa disebabkan karena sistem sirkulasi AC ternyata kurang optimal. Sirkulasi AC di mobil meliputi saluran AC, kondensor dan juga evaporator. Jika sirkulasi kotor, terhambat, bocor atau kurang lancar, maka kompresor juga akan bekerja lebih keras. Efeknya, kompresor akan semakin membebani mesin untuk mengimbangi kerjanya.


Hal yang juga mungkin menjadi penyebab tenaga mesin yang hilang saat AC mobil dinyalakan adalah jika ternyata anda kurang memperhatikan perawatan mesin mobil anda. Servis rutin, settingan pengapian dan pembakaran, saringan udara, oli, saringan oli dan komponen lain yang dapat mempengaruhi kinerja mesin bisa saja menjadi penyebabnya. Maka dari itu, selalu pastikan mesin mobil dalam kondisi sehat agar tidak bermasalah dan merembet ke komponen lainnya.

Baca Juga: