Ternyata DFSK Glory 560 Sudah Dirancang Hindari Water Hammer

Ternyata DFSK Glory 560 Sudah Dirancang Hindari Water Hammer

KabarOto.com - Salah satu kondisi yang harus diwaspadai ketika melintasi banjir adalah serangan water hammer yang bisa merusak mesin seketika dan membuat kendaraan tidak bisa berjalan karena kondisi mesin yang rusak parah. Air bisa saja masuk ke dalam mesin melalui berbagai celah, salah satunya adalah katup hisap udara (air intake) mesin.

Technical Training Division Manager PT Sokonindo Automobile, Sugiartono menjelaskan, water hammer adalah air yang masuk ke dalam mesin, khususnya ruang bakar, sehingga di ruang bakar tidak terjadi pembakaran karena terisi air. "Efeknya sangat fatal karena saat pembakaran terjadi dan air masuk, ritme gerak piston jadi berantakan, saling menghantam dan bisa membuat piston pecah dan setang piston bengkok," ungkapnya.

Baca Juga: Tanggapan DFSK Soal KIA Seltos Yang Baru Meluncur

DFSK Glory 560

Melihat resiko yang begitu besar, pengemudi sangat dilarang untuk membawa kendaraannya melintasi banjir dengan kondisi apapun karena kendaraan-kendaraan yang didesain bukan untuk menerjang banjir. "Sebaiknya pemilik mobil mencari jalur alternatif menghindari banjir, memastikan para penumpang dan kendaraan yang digunakan selamat," tambah dia.

Meski demikian, Sugiartono juga tidak menutup mata ada kondisi-kondisi darurat yang memang memaksa para pengemudi untuk melintasi banjir. "Bila hal itu terjadi, pastikan pengemudi menggunakan kendaraan yang tepat untuk meminimalisir resiko water hammer seperti DFSK Glory 560."

Ternyata, DFSK Glory 560 dengan DNA Sport Utility Vehicle (SUV) memang dirancang memiliki kemampuan serta sejumlah keunggulan yang membuat mobil ini lebih tahan melindungi mobil dari banjir. Desain Active SUV yang diusung sangat sesuai dengan kondisi jalanan di Indonesia yang banyak memiliki lubang-lubang, kontur jalan naik dan turun, hingga genangan air di saat musim hujan.

Salah satu cara untuk melintasi jalanan di Indonesia dengan menghadirkan sebuah kendaraan dengan ground clearance tinggi. DFSK Glory 560 memiliki ground clearance yang mencapai 200 mm dan menjadi salah satu yang tertinggi di kelasnya.

Fungsi ground clearance tinggi ini akan memberikan rasa bebas khawatir kepada pengemudi dan penumpang akan mobil terpentok jalanan berlubang. Bebas cemas pula air masuk ke dalam kabin ketika menerjang banjir dengan level hingga setengah ban.

Apalagi Glory 560 didukung dengan pelek 17 inci yang dipadukan dengan ban besar 215/60 R17 inci, andal melibas berbagai jalanan di Indonesia. "Ukuran roda yang besar memberikan stabilitas ketika melintasi jalanan yang tergenang, dan memperkecil resiko aquaplaning di jalan," paparnya lagi.

Baca Juga: Beli DFSK Glory 560 Bisa Dapat Emas

Sugiartono menambahkan, kunci utama perlindungan utama DFSK Glory 560 dari water hammer adalah posisi lubang hisap udara mesin yang posisinya cukup tinggi, di atas lampu utama. "Posisi ini akan melindungi serta memperkecil resiko air masuk ke dalam mesin melalui lubang hisap udara. Meski demikian, selalu perhatikan dan waspada akan kondisi banjir sebelum melintasinya," terangnya.