Tesla Model Y Raih Bintang 5 Dari Euro NCAP

Tesla Model Y Raih Bintang 5 Dari Euro NCAP Uji tabrak Tesla (Foto Dok Euro NCAP)

KabarOto.com – Euro NCAP melakukan tes tabrak untuk Tesla Model Y dengan update fitur keselamatan terbaru. Hasilnya sangat positif, mobil listrik itu meraih poin tinggi di masing-masing sektor.

Uji tabrak posisi depan, dan samping dan seluruh airbag bekerja sempurna. Lalu posisi airbag juga menopang dengan baik di area vital, agar cedera tidak terlalu parah. Seat belt tensioner, mampu bekerja baik menahan badan terpental kedepan.

Baca Juga : Aero Kit Ini Mengurangi Hambatan Angin Tesla Model 3 Dan Model Y

Airbag tengah juga memberi perlindungan benturan antara pengemudi dan penumpang. Lalu jok mampu menopang leher agar tidak terjadi cedera. Pihak NCAP memberi nilai 97% untuk perlindungan dewasa, dan 87% perlindungan anak-anak.

Sementara fitur bantuan pengereman Model Y, mampu mendeteksi pejalan kaki, pesepeda, bahkan mobil di depannya, berkat Tesla Vision. Lalu sistem keselamatan aktif seperti lane keeping assist turut dites, untuk menjaga mobil tidak keluar dari jalurnya. Hasilnya NCAP memberi nilai 82% untuk perlindungan pejalan kaki, dan 98% untuk fitur keamanan.

Baca Juga : Sistem Penutup Jendela Membahayakan, Jutaan Mobil Tesla Ditarik Kembali

“Fitur pada mobil Tesla memberikan perlindungan cukup baik dan memadai untuk mendeteksi pejalan kaki. Hasilnya risiko sangat kecil, jika ada pejalan kaki melintas saat Tesla melaju,” tulis Euro NCAP.

Tesla Model Y di Indonesia, saat ini dijual oleh importir umum, varian Long Range ditawarkan. Mobil tersebut dapat menempuh jarak 532 km, dan bisa mencapai top speed hingga 217 kpj.

Sedangkan tipe Performance, jarak tempuh yang dapat dijangkau hanya 513 km, dan kecepatan maksimalnya 249 kpj. Harganya mulai dari Rp 2 miliar.