Tesla Mulai Jajaki Kerjasama Dengan Indonesia Februari 2021

Tesla Mulai Jajaki Kerjasama dengan Indonesia Februari 2021 Mobil-mobil Listrik Tesla

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia sangat serius dalam mengembangkan mobil listrik sebagai kendaraan masa depan yang ramah lingkungan. Berbagai produsen otomotif dari berbagai negara sudah tertarik untuk berinvestasi membangun pabrik di sini.

Salah satu yang tertarik untuk bekerjasama dengan Indonesia adalah Tesla. kabar pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini ke Indonesia sudah terdengar sejak tahun 2020 lalu.

Baca Juga: Kejar Target 2021, Hyundai Mengandalkan Mobil Listrik

Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan, pihaknya akan melakukan penjajakan kerja sama dengan Tesla Februari 2021 mendatang. Penjajakan dilakukan terkait dengan pengembangan mobil listrik.

"Insya Allah bulan Februari ini, saya akan membuka pembicaraan dengan Tesla untuk mengembangkan kerja sama ini," jelas Erick Thohir. Dia juga telah menugaskan PLN agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mengubah strategi bisnisnya setelah pandemik berakhir.

Perusahaan listrik negara itu menurut Erick saat ini sudah on track dan telah ikut dalam konsorsium BUMN, dalam pembuatan EV battery. Mereka bekerjasama dengan perusahaan dari Korea dan Tiongkok.

Erick juga memaparkan alasan utama Indonesia dipastikan akan menjadi pemain utama industri mobil listrik. Di antaranya adalah mempunyai nikel yang melimpah, sebagai bahan untuk membuat baterai, sebagai komponen utama kendaraan listrik.

Baca Juga: Volkswagen Kebut Pembangunan Pengisian Daya Cepat Mobil Listrik Di Jerman

"Kekayaan alam yang kita miliki harus didukung juga dengan kualitas sumber daya manusia. Agar nantinya bisa menjadi produsen utama dalam industri mobil listrik," tutup Erick Thohir.