Test Ride - Begini Rasanya Berkendara Dengan Skutik Premium Honda Forza

Test Ride - Begini Rasanya Berkendara dengan Skutik Premium Honda Forza Sensasi Berkendara dengan Skutik Premium Honda Forza

KabarOto - Ini merupakan kesempatan istimewa KabarOto untuk mencicipi skutik premium Honda Forza, kebetulan pemilik motor tersebut dengan senang hati memberi kesempatan kepada kami untuk mencoba motor berkapasitas mesin 250 cc tersebut.

Kehadiran Honda Forza adalah jawaban PT Astra Honda Motor (AHM) atas penantian para pecinta skutik besar, motor ini hadir ke Indonesia dalam kondisi CBU. Dan secara resmi, pihak AHM merilis harga skutik premiumnya sebesar Rp 76,5 juta (OTR). Harga tersebut terbilang cukup tinggi, jika dibandingkan banderol Yamaha Xmax sebesar Rp 56 jutaan (OTR).

Baca juga: Berikut Strategi Honda Memasarkan PCX Electric, Sangat Berbeda

Posisi Riding Skutik Premium Honda Forza
Posisi riding Skutik Premium Honda Forza yang nyaman jadi salah satu andalan skutik bongsor ini

Namun ternyata skutik besar ini tetap memiliki pasarnya tersendiri, terbukti saat Forza mulai dibuka order dengan DP Rp 2,5 juta, langsung mendapat antusias dari para pecinta motor tersebut.

Setelah diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, bulan Agustus lalu. Pecinta skutik premium Honda menunjukan minat tingginya untuk memiliki Forza. Ditandai dari jumlah pemesanan yang telah mencapai 889 unit, hanya dalam periode 2 bulan setelah ajang GIIAS 2018.

Kehadiran Forza sekaligus menjadi penantang serius Yamaha Xmax. Nah, tentu sobat KabarOto ingin tahu dong apa saja yang menjadi kebanggaan dari Honda Forza ini.

Honda Forza hadir dengan penyematan desain mewah dan sporti, motor ini memanjakan pengendara dengan kenyamanan tingkat tinggi, karena diperkaya fitur canggih masa kini yang menunjang gaya hidup modern.

Baca juga: Biaya Sewa Dari Honda PCX Electric, Bisa Beli Dua Motor

Lekukan bodi Forza memberi kesan sporti namun ramping dengan lekuk dinamis, dan agresif berkat sedikit desain yang menajam pada beberapa area bodi, seperti lampu depan dan bodi samping.

desain bodi Skutik Premium Honda Forza
Desain bodi Skutik Premium Honda Forza yang sporti dan agresif

Satu fitur yang tidak dimiliki oleh kompetitor adalah windshield yang dapat bekerja secara elektrik, pihak Honda menyebutnya Electrical Adjustable Windscreen, ini merupakan salah satu fitur yang pertama di kelasnya. Dengan fitur ini, sobat KabarOto dapat mengatur ketinggian windshield sesuai keinginan.

Forza juga dibekali ruang penyimpanan di balik jok atau bagasi yang cukup besar, berukuran 48 liter. Dapat menampung 2 buah helm, serta barang bawaan lainnya.

Lampu depan dan belakangnya menggunakan teknologi LED, yang memiliki kelebihan dengan memberikan kualitas penerangan yang lebih baik. Namun sepintas baik lampu depan maupun belakang tersebut, memiliki kemiripan model seperti yang digunakan pada Honda PCX. Fitur pendukung seperti passing lamp dan lampu hazard sudah menjadi perlengkapan standar.

Baca juga: Tanggapan Honda Tentang DP Nol Persen Untuk Kendaraan Bermotor

Fitur unggulan selanjutnya adalah Honda Selectable Torque Control (HSTC), fitur ini adalah pengontrol traksi yang berfungsi untuk mencegah terjadinya ban slip. Fitur ini kini sudah umum digunakan pada motor skutik premium saat ini.

Sebagai skutik modern, motor ini sudah dilengkapi dengan kunci model keyless yang diberi nama Honda Smart Key System. Kunci model ini sudah terintegrasi dengan alarm anti-maling dan Answer Back System.

Selanjutnya ada DC socket yang tersimpan pada boks depan yang tertutup, fasilitas ini bermanfaat untuk mendukung mobilitas pengendara.

lampu sein Skutik Premium Honda Forza
Lampu sein yang tersemat pada cover spion dan windshield yang beroperasi secara elektrik membuat Forza berbeda dengan kompetitornya

Jantung mekanis motor ini mengandalkan mesin 1 silinder SOHC PGM FI berpendingin cairan dengan kapasitas 250 cc, dan transmisi menggunakan model otomatis. Mesin ini sanggup menelurkan tenaga maksimalnya sebesar 23 dk pada putaran mesin 7.500 rpm, sementara torsi maksimalnya adalah sebesar 24 Nm pada 6.250 rpm.

Performa mesinnya cukup mumpuni, putaran tengah ke atas lebih galak ketimbang saat berakselerasi.

Untuk menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara, Forza sudah dilengkapi dengan rem cakram pada bagian depan dan belakang dengan menggunakan sistem ABS.

Sementara ban yang digunakan adalah jenis tubeless, ukurannya sama dengan kompetitor yang menggunakan ukuran 12/70 R15 (depan) dan 140/70 R14 (belakang).

Baca juga: Wahana Telah Menjual 401.500 Unit Motor Honda Di Jakarta Dan Juga Tangerang

Walaupun berbodi bongsor, Forza memiliki dimensi yang cukup kompak. Dengan panjang 2.142 mm, lebar 754 mm, dan tinggi 1.472 mm, motor ini cukup lincah saat membelah kemacetan di kota Jakarta dan kawasan BSD City. Saat mencoba manuver tajam, Honda Forza tetap stabil, bahkan hingga standar samping sudah menyentuh permukaan aspal saat menikung.

Posisi duduk yang nyaman karena jok yang lebih rendah, pengendara dengan tinggi badan 170 cm saat berpijak posisi kakinya tidak terlalu jinjit. Kinerja suspensinya cukup nyaman dan empuk, mampu mereduksi getaran dengan cukup baik. Handling-nya juga mantap, walaupun berbodi bongsor namun saat di jalan terasa cukup ringan dan mudah dikendalikan.

Menyusuri jalanan aspal mulus dan lebar di kawasan BSD, menjadi godaan pengendara untuk memacu motor ini lebih cepat lagi. Tak terasa jika jarum kecepatan sudah menyentuh 100 kpj, dengan menurunkan winshield ke posisi paling rendah mengurangi hambatan udara motor saat melaju cepat. Saat malam hari, untuk mengurangi hembusan angin, anda tinggal menaikan windshield ke posisi tertinggi.

Untuk mengisi bahan bakar, cukup menekan tombol maka tutup tangki akan terbuka. Saat pengujian KabarOto menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan 92. Dan komsumsi bahan bakarnya selama pengujian rute bolak-balik Bogor-Jakarta-Bogor menempuh jarak 98 km, adalah sebesar 29 kpl.

Harga: Rp 76.000.000,- (OTR)

Warna: Pearl Horizon White, Mate Gunpowder Black Metallic, Sword Silver Metallic

Fitur: Honda Selectable Torque Control (HSTC), Honda Smart Key System, Anti-Thief Alarm, LED Light, Electrical Adjustable Windscreen

MESIN

Tipe Mesin Pendinginan Cairan, 4 Langkah, single cylinder
Volume Langkah 249,01 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection (PGM-FI)
Diameter X Langkah 68 x 68,567 mm
Tipe Tranmisi Otomatis
Rasio Kompresi 10,2 : 1
Daya Maksimum 17,3 kW / 7500 rpm
Torsi Maksimum 24 Nm / 6250 rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
Sistem Pendingin Mesin Pendinginan Cairan

RANGKA & KAKI-KAKI

Tipe Rangka Under bone type, steel
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Swing arm dengan suspensi ganda
Ukuran Ban Depan 120/70-15M/C 56P
Ukuran Ban Belakang 140/70-14M/C 62P
Rem Depan Hidrolis, single 256mm disc
Rem Belakang Hidrolis, single 240mm disc
Sistem Pengereman ABS

DIMENSI & BERAT

Panjang X Lebar X Tinggi 2142 x 754 x 1472 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Jarak Sumbu Roda 1510 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 144 mm
Curb Weight 182 Kg

KAPASITAS

Kapasitas Tangki Bahan Bakar 11,5 L
Kapasitas Minyak Pelumas 1,2 L (penggantian periodik)

KELISTRIKAN

Tipe Baterai Atau Aki 12 V - 8,6 Ah, MF-Wet Type
Sistem Pengapian Full transisterized, battery
Tipe Busi NGK LMAR8A-9
Lampu Depan Hi 19,9 W x 1 (LED) , Low 12,8 W x 1 (LED)