POPULAR STORIES

Thomas Laudenbach Pimpin Porsche Motorsport, Gantikan Posisi Fritz Enzinger

Thomas Laudenbach Pimpin  Porsche Motorsport, Gantikan Posisi Fritz Enzinger

KabarOto.com – Thomas Laudenbach ditunjuk untuk mengelola Porsche Motorsport, mulai 1 Oktober mendatang. Dirinya akan menggantikan posisi dari Fritz Enzinger yang sudah bertugas sejak tahun 2011.

“Kami sangat berterima kasih kepada Fritz Enzinger atas karyanya yang sangat sukses selama sepuluh tahun terakhir. Dia membentuk era Porsche Motorsport yang membawa kami meraih kemenangan luar biasa dan gelar juara,” kata Michael Steiner, Anggota Dewan Eksekutif untuk Penelitian dan Pengembangan di Porsche AG.

Divisi Motorsport telah memainkan peran yang sangat istimewa dalam strategi perusahaan. Penggunaan platform balap sebagai laboratorium uji untuk teknologi terbaru. Sedangkan, Thomas Laudenbach diklaim memiliki semua yang diperlukan untuk berhasil melanjutkan jalan ini.

Baca juga: Perluas Pasar Wilayah Asia, Porsche Bangun Fasilitas Perakitan Di Tiongkok

Porsche Motorsport memiliki target untuk lebih aktif dalam pembentukannya. Konsep mobil Porsche Mission R yang diperkenalkan pada IAA Mobility merupakan salah satu bukti keseriusan pabrikan mobil asal Jerman ini.

Sebagai informasi, Fritz Enzinger yang berasal dari Austria datang ke Porsche pada tahun 2011, ia mempelopori program LMP1 yang sukses dengan 919 Hybrid. Diantara tahun 2014 dan 2017, ia meraih tiga kemenangan keseluruhan di 24 Hours of Le Mans serta memenangkan total enam gelar kejuaraan dunia dalam tiga tahun berturut-turut.

Baca juga: Porsche Mission R, Konsep Mobil Sport Tampil Di IAA Mobility

Thomas Laudenbach

Sementara itu, Thomas Laudenbach lahir di Santiago de Chile, menyelesaikan studi teknik mesinnya di Institut Teknologi Karlsruhe. Awal karir membawanya ke DTM dan ke perusahaan jasa yang mengembangkan komponen powertrain untuk berbagai produsen kendaraan Eropa.

Pada 1998, Laudenbach datang ke Porsche AG sebagai Kepala Pengembangan Powertrain, ia terlibat dalam proyek balap dan mobil sport seperti 918 Spyder, 911 RSR, 911 GT3 R dan 911 GT3 Cup hingga 2013.

Sebagai pengembang terkemuka mesin V8 direct-injection 3.4 liter untuk Porsche RS Spyder, Laudenbach juga dekat dengan dunia motorsport Amerika Utara. Mulai tahun 2023, Porsche akan bersaing untuk ke-menangan keseluruhan dengan prototipe hibrida LMDh baru di seri balap IWSC AS dan FIA WEC World Endurance Championship.