POPULAR STORIES

Tidak Hanya Tol Trans Jawa, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Di Tol Trans Sumatera

Tidak Hanya Tol Trans Jawa, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Tol Trans Sumatera Tol Bakauheni - Terbanggi Besar (Foto: PUPR)

KabarOto.com - Jelang Hari Raya Idul Fitri arus mudik sudah mulai terlihat. Berbagai kawasan sudah dipenuhi oleh kendaraan yang melintas meninggalkan Ibu Kota. Tidak hanya Tol Trans Jawa, ruas Tol Trans Sumatera juga menjadi primadona bagi pemudik. Bahkan arus mudik sudah terlihat sejak Rabu (29/05) kemarin.

Banyaknya kendaraan yang melintas dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar, dan ruas tol fungsional Terbanggi Besar hingga Kayu Agung, tentu perlu perhatian untuk kecukupan BBM selama perjalanan. Ternyata Pertamina Marketing Region II Sumbagsel sudah melakukan antisipasi terkait hal ini.

Baca Juga: Pertamina Siaga Juga Ada Di Tol Trans Sumatera, Ini Lokasi Sebarannya

Pertamina telah melakukan penyesuaian titik SPBU Modular, Kios Pertamina Siaga, dan penambahan stok BBM di SPBU Reguler di Jalur Lintas Sumatera. Selain itu mereka juga melakukan evaluasi, seperti pemindahan dan penambahan SPBU Modular dari ASDP Bakauheni Km 163A dan Km 208A.

Hal ini dilakukan karena pemudik cenderung langsung menuju tol setelah keluar dari kapal Feri. Primarini selaku General Manager Pertamina MOR IIS Sumbagsel menambahkan, "Tapi tidak perlu khawatir, saat ini ASDP Bakauheni tetap kami siapkan Kios Pertamina Siaga untuk melayani pemudik."

Tidak hanya memastikan ketersediaan BBM di ruas tol, Primarini juga memastikan di Jalur Lintas Sumatera bahwa ketersediaannya aman. Berdasarkan pantauan, titik keluar yang padat oleh pemudik berada di daerah Terbanggi Besar, Lampung Tengah dan wilayah Tulang Bawang, Lampung.

"Jika keluar di gerbang tol Terbanggi Besar, SPBU terdekat berada di SPBU 24.341.08, selain memastikan stok SPBU aman kami juga menggerakan mobil dispenser di SPBU tersebut dengan stok Premium sebanyak 16 Kilo Liter (8KL) dan Pertamax 8 KL," tambahnya.

Sedangkan untuk wilayah Tulang Bawang, setelah keluar tol Terbanggi Besar juga ada SPBU 24.345.114. Di SPBU tersebut, Pertamina juga menyiapkan mobil dispenser dengan produk Pertamax sebanyak 16 KL.

Tim Satuan Tugas Ramdan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) juga terus memantau selama 24 jam kebutuhan BBM di sepanjang ruas tol dan jalur lintas Sumatera. Penambahan fakultatif juga terus disesuaikan dengan kebutuhan.

"Saat ini 15 motoris di jalur utama mudik Lampung juga terus siaga mengantarkan BBM jika terjadi kemacetan. Pemudik yang butuh informasi mengenai ketersediaan BBM dan layanan motoris bisa menghubungi Call Center 135 dan melengkapi informasi sebelum motoris bisa melayani Anda," jelas Prima.

Baca Juga: Jelang Arus Mudik 2019, Tol Trans Sumatera Sepanjang 503 Km Siap Beroperasi

Dengan adanya antisipasi ini Pertamina juga berharap dapat memenuhi kebutuhan pemudik selama di perjalanan. Nah, bagi pemudik yang ingin menemukan titik SPBU terdekat, Pertamina sudah ada aplikasi My Pertamina. Setelah download pilih menu SPBU.

Aplikasi ini sangat membantu loh, karena pemudik bisa langsung ditunjukkan SPBU terdekat. Lengkap dengan estimasi jarak serta produk yang dijual.