POPULAR STORIES

Tidak Lolos Homologasi, MotoGP Kazakhstan 2023 Resmi Dibatalkan

Tidak Lolos Homologasi, MotoGP Kazakhstan 2023 Resmi Dibatalkan Sokol International Racetrack, Kazakhstan (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Promotor Kejuaraan Dunia MotoGP, Dorna Sports baru-baru ini mengumumkan bahwa seri MotoGP Kazakhstan 2023 resmi dibatalkan.

Sebelumnya, MotoGP Kazakhstan 2023 menjadi seri kesembilan musim ini dan akan digelar pada 9 Juli nanti di Sokol International Racetrack. Setelah menjalani tinjauan teknis dan keselamatan awal tahun ini, sirkuit Sokol awalnya telah lulus tes untuk menjadi tuan rumah.

Baca juga: Jelang MotoGP Spanyol 2023, Enea Bastianini Mulai Latihan Menggunakan Ducati Panigale

Sayangnya, sirkuit ini belum bisa memenuhi homologasi karena menunggu rintangan logistic yang tidak dapat diatasi. Atas dasar tersebut, pihak FIM, IRTA, dan Dorna Sports memutuskan untuk membatalkan dan menggeser GP Kazakhstan ke tahun 2024.

Baca juga: Jadwal MotoGP Spanyol 2023

“FIM, IRTA, dan Dorna Sports mengonfirmasi pembalapan GP Kazakhstan 2023. Pekerjaan homologasi yang sedang berlangsung di sirkuit, ditambah dengan tantangan operasional global saat ini telah memaksa pembatalan seri 2023. Tidak aka nada seri pengganti untuk musim 2023 ini,” ungkap pernyataan resmi FIM.

Dengan absennya MotoGP Kazakhstan, maka para pembalap MotoGP memiliki jeda musim panas yang lebih panjang. Ada jarak 42 hari antara MotoGP Belanda (25 Juni) yang awalnya merupakan seri kedelapan dan MotoGP Inggris (6 Agustus). Adapun, balapan musim 2023 yang tadinya 21 seri kini menjadi 20 seri.