POPULAR STORIES

Tidak Matikan Mesin Selama Mengantar Muatan, Truk Refrigerator Perlu Perawatan Ekstra

Tidak Matikan Mesin Selama Mengantar Muatan, Truk Refrigerator Perlu Perawatan Ekstra Truk dengan refrigerator. (Foto: dok. Hyundai Europe)

KabarOto.com - Truk yang menggunakan karoseri berpendingin atau disebut truk refrigerator sangat penting untuk rutin melakukan perawatan dengan baik terutama proses penggantian oli mesin pada kendaraan tersebut guna menghindari kerusakan.

Kerusakan Mesin Disebabkan oleh Oli yang Tidak Tepat

Chief Executive Officer (CEO) PT Welty Indah Perkasa (Wealthy Group), Arief Hidayat mengungkapkan bahwa kerusakan pada mesin kendaraan baik mobil penumpang maupun komersial 83% terjadi karena penggunaan oli yang kurang baik.

“Untuk kendaraan komersial yang menggunakan refrigerator, memang membutuhkan perawatan yang sangat ekstra karena mereka memuat barang khusus dan harus dingin, kalau refrigerator atau kendaraannya rusak maka muatannya juga ikut rusak,” kata Arief.

Baca juga: Pakai Body Kit Liberty Walk Bikin Truk Tampil Lebih Sporty

Truk dengan refrigerator. (dok/foto: Thermo King)

Harus Rutin dan Teratur Mengganti Oli

Menurut Arief, peran pelumas mesin sangat dibutuhkan dalam merawat kendaraan komersial yang dilengkapi refrigerator, pasalnya untuk jenis kendaraan ini mesinnya akan hidup selama mengantarkan muatan.

“Penggantian oli secara rutin dan layanan pelumasan cepat harus menjadi komponen yang tidak dapat dinegosiasikan dalam rutinitas perawatan kendaraan. Oli mesin ada batasnya, seiring waktu oli juga rusak serta kehilangan kekuatan pelumasan, pendinginan, dan pembersihannya,” ujarnya.

Maka dari itu, kata Arief, penggantian oli secara rutin dan teratur untuk kendaraan komersial yang menggunakan refrigerator sama dengan meremajakan kendaraan tersebut, serta dengan memastikan penggunaan oli berkualitas dan memiliki performa tinggi secara stabil akan menjaga mesin dalam kondisi prima.

Baca juga: Profil Truk Heavy Duty Hino 700 ZY5041 8x4

“Disarankan untuk kendaraan komersial yang menggunakan refrigerator itu menggunakan pelumas dengan SAE 0W-40 dengan API SP untuk yang bahan bakar bensin serta CK4 yang menggunakan mesin diesel,” imbuhnya.

Penggunaan pelumas yang baik, kata Arief seperti Wealthy Apogeo untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin serta Wealthy Optimus untuk kendaraan dengan mesin diesel dapat mencegah terjadinya lumpur serta menjaga kondisi mesin dalam keadaan yang prima.

“Kalau mau servis nantinya pemilik atau pengemudi kendaraan dapat mengganti olinya secara rutin. Seperti mengganti filter oli dan filter solar, menggunakan oli yang berkualitas serta pemeriksaan menyeluruh dan penambahan cairan lainnya,” tambahnya.