POPULAR STORIES

Profil Truk Heavy Duty Hino 700 ZY5041 8x4

Profil Truk Heavy Duty Hino 700 ZY5041 8x4 Truk Hino 700 ZY5041 8x4 (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Hino 700 merupakan seri truk tugas berat (heavy duty) sekaligus menjadi seri tertinggi dari model seri kendaraan niaga Hino secara global, termasuk di Indonesia yang sebelumnya sempat menggunakan nama ‘Profia’.

Truk yang diimpor langsung dari Jepang ini, memiliki sejumlah tipe dan varian yang mampu memenuhi setiap kebutuhan aplikasi, khususnya dalam pekerjaan ekstrim seperti di sektor area konstruksi hingga area pertambangan.

Baca Juga: Tiga Model Hino Ini Dapat Sertifikat TKDN

Salah satunya adalah tipe ZY5041. Dimana, tipe ini merupakan tipe Hino 700 model rigid yang memiliki konfigurasi penggerak 8×4 yang dirancang khusus sebagai truk heavy duty untuk kebutuhan segmen pertambangan.

Truk Hino 700 series dengan bentuk bodi yang besar ini memiliki dimensi keseluruhan dengan panjang 9.290 mm, lebar 2.545 mm, tinggi 3.205 mm serta memiliki kombinasi jarak sumbu roda 1.850 mm, 3.750 mm dan 1.500 mm.

Dimensi dan Mesin Truk Hino 700 ZY5041 8x4 (Foto: KabarOto)

Di Indonesia, Hino 700 telah mendapatkan sejumlah peningkatan, salah satunya dengan mesin baru berstandar emisi Euro 4. Mesin yang menggantikan pendahuluhnya E13C-WD (Euro 2) ini memiliki peningkatan daya dan torsi yang semakin optimal.

Mesin baru Hino 700 itu merupakan mesin diesel E13C-BJ, 6-silinder segaris, berkapasitas 12.913 cc yang mampu memompa tenaga maksimum hingga 408 dk di putaran 1.800 rpm dengan torsi puncak mencapai 2.000 Nm pada putaran 1.100 rpm.

Baca Juga: Spesifikasi Hino 136 HDL 6x2, 'Mini Tronton' Pertama Di Indonesia

Mesin ini dilengkapi sistem EGR (Exhaust Gas Recirculating), DOC (Diesel Oxidation Catalyst), VNT (Variable Nozzle Turbo) dan Injektor G4S yang memiliki ketahanan tinggi terhadap aus ditambah adanya DLC (Diamond Like Coating) untuk kompatibilitas Biofuel.

Menariknya lagi, mesin Euro 4 tersebut juga dibekali dengan sistem 3 langkah penyaringan bahan bakar sebagai pembakaran bahan bakar berkualitas tinggi untuk mengoptimalkan tenaga dan torsi serta memperpanjang masa pakai mesin.

Interior Truk Hino 700 ZY5041 8x4 (Foto: KabarOto)

Mesin ini terintegrasi dengan transmisi ZF 16S2530 16-percepatan yang telah dilengkapi dengan sistem Range Shift Switch dan Splitter Shift Switch yang mengkombinasikan tenaga mesin untuk akselerasi dan performa kecepatan yang optimal.

Dengan kombinasi mesin dan transmisi tersebut, Hino 700 ZY5041 8×4 ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal mencapai 99 kpj dengan kemampuan daya tanjak 53% dan radius putar 13,5 m serta memiliki rasio tingkat gigi akhir diangka 5.410.

Baca Juga: Profil Mitsubishi Fuso Fighter X FN61 FL HD 'Super Long Trip'

Sementara itu, tak hanya di sektor mesin, HMSI juga memberikan peningkatan fitur keselamatan untuk meminimalisir risiko atau kerugian pelanggan dalam mengoperasikan unit yang lebih nyaman untuk mendukung bisnis pelanggan dan profitabilitas.

Fitur peningkatan tersebut mencakup fitur Pembersih Udara Ganda sebagai filter udara yang digunakan pada kendaraan operasional dengan kondisi berdebu, sehingga cocok untuk menjawab kebutuhan pelanggan di area pertambangan.

Fitur Truk Hino 700 ZY5041 8x4 (Foto: KabarOto)

Selain itu, hadir juga fitur baru Hub Reduction yang membuat performa mesin truk heavy duty ini lebih ringan dan dapat menghasilkan torsi tinggi serta traksi yang luar biasa sehingga lebih cocok untuk pengoperasian di medan berat.

Fitur lainnya termasuk, Full Air Brake, ban tipe radial block tire yang dirancang untuk area kerja pertambangan serta adanya Hour Meter yang berfungsi untuk memantau informasi pemakaian untuk perawatan saat ganti oli mesin.

Baca Juga: Ini Alasan Truk Heavy Duty Andalkan Sistem Rem Full Air Brake

Menurut Santiko Wardoyo, COO-Director HMSI, truk Hino 700 Euro 4 ini memiliki transmisi dan mesin baru common rail yang tentunya tidak hanya kuat dan tangguh di segala medan operasi, namun juga memiliki emisi gas buang ramah lingkungan.

“Kendaraan yang kami luncurkan, tidak hanya untuk memenuhi regulasi Euro 4. Tapi untuk menguatkan posisi Hino sebagai pemimpin pasar yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” pungkasnya.