Tiga Mobil Ini Dibekali Fitur Honda Sensing, Bagaimana Cara Kerjanya?

Tiga Mobil ini Dibekali Fitur Honda Sensing, Bagaimana Cara Kerjanya? All New Honda Accord

KabarOto.com – Setelah All New Honda Accord yang diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, PT Honda Prospect Motor (HPM) menambah dua model dari produknya yang dibekali fitur Honda Sensing.

Dua produk baru yang juga dibekali fitur Honda Sensing adalah New Honda CR-V dan New Honda Odyssey yang diluncurkan bersamaan dengan New Honda Brio RS Urbanite Edition pada 18 Februari 2021.

Fitur Honda Sensing sendiri merupakan rangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang dengan cara memberikan peringatan hingga secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Baca Juga : Dibekali Fitur Honda Sensing, Ini Banderol Terbaru New Honda CR-V

New Honda CR-V

“Meskipun memiliki fitur keselamatan Honda Sensing, faktor utama keselamatan berkendara tergantung dari pengemudinya. Fitur ada ini hanya membantu mencegah terjadinya kecelakaan,” ungkap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Fitur Honda Sensing sendiri terdiri dari beberapa bagian teknologi keselamatan yang meliputi :

  • Collision Mitigation Brake System (CMBSTM), merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBS didesain untuk memberi tanda ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan.

  • Lane Keeping Assist System (LKAS), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.

  • Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar.

  • Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, dan membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda, tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.

  • Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

Baca Juga : Uji Fitur Honda Sensing Di All New Honda Accord Turbo, Nyetir Makin Yakin

New Honda Odyssey

Ketiga produk yang sudah dibekali fitur Honda Sensing berada di tiga segmen yang berbeda. Pertama ada All New Honda Accord yang ada kelas sedan menengah.

All New Honda Accord dibaderol Rp 698 juta dan tersedia dalam empat pilihan warna, yakni Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic dan Lunar Silver Metallic.

Kedua, New Honda CR-V yang merupakan SUV legendaris Honda yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995. Sejak pertama kali hadir hingga sekaran, Honda CR-V sudah terjual sebanyak 218.492 unit kendaraan.

Untuk model terbarunya, New Honda CR-V ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 489 juta hingga Rp 577 juta.

Produk ketiga yang dibekali fitur Honda Sensing adalah New Honda Odyssey yang tersedia dalam 2 pilihan warna, yakni Platinum White Pearl dan Premium Sparkle Black Pearl. New Honda Odyssey dijual dengan harga Rp 888 juta.