POPULAR STORIES

Tiga Peraih Podium F1 Austria 2022 Harus Bayar Denda, Kenapa?

Tiga Peraih Podium F1 Austria 2022 Harus Bayar Denda, Kenapa? Ilustrasi (Dok: F1)

KabarOto.com – Tiga pembalap peraih podium di F1 Austria 2022 dikabarkan harus membayar denda masing-masing sebesar 10.000 Euro atau setara Rp 153 jutaan. Hal tersebut karena pelanggaran kecil aturan Parc Ferme.

Race Director memberikan bukti-bukti rekaman video yang menunjukkan para fisioterapis dan asisten pribadi ketiga pembalap memasuki Parc Ferme. Di mana, Parc Ferme masih menjadi bagian dari pit lane. Mereka masuk tanpa izin.

Selain itu, ketiga pembalap juga melanggar prosedur post-race sebab menyerahkan atau bertukar sejumlah barang. Pasalnya, aturan Parc Ferme menegaskan tidak sembarang orang boleh masuk ke area tersebut, demi memastikan tidak ada barang diberikan kepada pembalap sebelum melakukan penimbangan badan.

Baca Juga : Hasil F1 Austria 2022, Charles Leclerc Raih Kemenangan

“Selain mekanik tim, ofisial dan kru televisi dan fotografer yang disetujui FIA, tidak ada orang lain diizinkan masuk area ditentukan saat ini. Asisten pribadi dan fisioterapis pembalap harus menunggu di luar ruang di belakang podium sampai upacara podium selesai,” tukis FIA dalam pernyataannya.

Alhasil, baik Leclerc, Verstappen dan Hamilton didenda 10.000 Euro atau Rp 153 jutaan yang akan ditangguhkan selama sisa musim dan pembalap bisa terkena denda lagi bila melakukan kesalahan sama.

Baca Juga : Pole Position Di F1 Austria, Charles Leclerc Salip Sergio Perez

Sebelum, Sebastian Vettel juga mengalami hal serupa. Pembalap Aston Martin itu meninggalkan rapat pembalap pada hari Jumat (8/7). Akibat perbuatannya juara dunia empat kali itu didenda sebesar 25.000 Euro atau Rp 382 juta.