POPULAR STORIES

Pesan Presiden Lady Bikers Indonesia, Untuk Para Kartini Tanah Air

Pesan Presiden Lady Bikers Indonesia, Untuk Para Kartini Tanah Air Perempuan pengendara motor

KabarOto.com - Seiring dengan emansipasi wanita yang semakin meluas saat ini, sering kita jumpai wanita-wanita tangguh yang kerap menggunakan sepeda motor dalam beraktivitas sehari-hari. Namun minimnya pengetahuan mengenai keselamatan berkendara, terkadang membuat wanita memiliki imej yang cenderung negatif ketika berkendara.

Menurut Inux Blazer, selaku Presiden Lady Bikers Indonesia menjelaskan, "Banyak wanita yang kurang baik berkendaranya itu atas dasar suami yang membelikan motor, dan perempuan itu mungkin saja hanya bisa mengendarainya. Tetapi tidak diajarkan, alhasil pengetahuan seputar berkendaranya jadi sangat minim," ujarnya saat berbincang dengan KabarOto di sela-sela deklarasi Journalist Vario Owners Community (Navaro) di Jakarta, Sabtu malam (20/4/2019).

Lebih lanjut Ia pun menjelaskan, masih banyak wanita-wanita pengendara motor itu salah kaprah, seperti penggunaan sepatu dengan hak tinggi, dan juga menggunakan rok saat berkendara.

Baca juga: Tips Mengendarai Motor Sport Untuk Para Kartini Masa Kini

"Kebanyakan wanita pengendara itu merupakan pekerja, Alangkah baiknya saat berkendara itu tidak menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Sebenernya yang baiknya itu mereka menggunakan sepatu model flat. Kalau pun ada kebutuhan untuk menggunakan sepatu hak, bisa saja menaruh sepatu di rak ataupun membawanya di tas atau pun dibawa di dalam bagasi motor," ujarnya.

Lady Bikers Indonesia di Navaro Ladies Night

Selain itu Inux mengatakan, sebaiknya pakai sepatu kets jangan sampai pakai sendal, terus sebaiknya menggunakan celana, karena kalau pakai rok itu kadang bikin ribet.

Nah.. yang jelas menggunakan helm sudah pasti, lalu harus di klik dan aman. Jaket juga wajib dan juga sarung tangan. "Kadang ada juga yang menggunakan sarung tangan yang model buat masak, itu saya pastikan tidak baik," imbuhnya.

Sedikit informasi, tambah Inux, pertama yang perlu diketahui adalah mengenal karakter motornya. Minimal perawatanlah, seperti servis, sebaiknya wanita harus ikut 'nongkrong' jadi dia juga tau kondisi motornya. Apa saja yang harus diganti, bagaimana harus merawatnya, biar gimana kan itu kaki buat mereka. Jalan mereka untuk mencari rejeki.

Lady Bikers Indonesia di Navaro Ladies Night

"Yang pasti jangan pernah menyepelekan. Ah gue bisa, gue punya SIM, tetapi terkadang tidak memikirkan kondisi lainnya seperti kondisi kendaraan, jalan dan pengguna disekitar," katanya.

Baca juga: Kartini Milennial, Usahakan Peralatan Ini Selalu Ada Di Dalam Mobil Ya!

Inux pun berpesan bagi para lady bikers di seluruh Indonesia, Selamat Hari Kartini semoga bisa menjadi motivasi, khususnya bagi yang tua untuk yang muda, berkendara dengan baik dan kalau bisa belajar mengenai keselamatan berkendara.

"Saat ini di google sendiri sudah banyak informasi ya, belajar untuk meningkatkan safety riding lagi, atau bisa juga dengan sharing bersama komunitas," tukasnya.