Tips Anti Nyasar Menggunakan Aplikasi Google Maps

Tips Anti Nyasar Menggunakan Aplikasi Google Maps

KabarOto.com – Google Maps merupakan aplikasi yang bekerja sebagai penunjuk arah untuk menuju suatu tempat. Penggunaannya yang mudah, aplikasi ini bisa membantu penggunanya agar tidak tersesat.

Saat ini Google Maps menjadi perangkat lunak paling populer di dunia, dan sudah digunakan lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia.

Untuk mempermudah penggunanya, Google Maps memberikan beberapa pilihan rute untuk pejalan kaki, pengendara motor, mobil dan kendaraan umum.

Nah, Kabaroto mencoba membuat panduan penggunaan aplikasi Google Maps agar tidak tersesat.

Baca Juga : Tips Berkendara Menuju Kantor Saat Berpuasa


1. Unggah aplikasi Google Maps

Selain mengunggah aplikasi ini, pengguna sebaiknya juga menyimpan alamat rumah atau kantor. Caranya, pilih tombol menu, kemudian akan muncul tiga garis horizontal di sudut kiri atas. Kemudian pilih tempat yang akan di simpan. Penyimpanan ini berfungsi agar Google Maps bisa menavigasi tempat tinggal dengan cepat.

2. Mencari arah dengan benar

Untuk mempermudah mengetahui arah yang dituju, aplikasi ini menyediakan fitur panduan suara. Pengguna akan dituntun oleh suara tersebut untuk bisa menentukan arah dengan cepat.

Cara mengaktifkan fitur panduan suara cukup mudah, setelah menentukan tujuan, tekal tombol ‘start’, fitur panduan suara akan muncul dengan sendirinya.

Baca Juga : Ingin Boncengan Motor Dengan Anak? Simak 10 Tips Berikut

3. Tentukan rute dan alat transportasi yang digunakan

Setelah menemukan tujuan, pengguna harus menyesuaikan moda transportasi yang digunakan. Pilih jalan kaki, motor, mobil atau transportasi umum.

Sebab, setiap pemilihan moda transportasi yang digunakan, rute yang diberikan oleh Google Maps akan melakukan penyesuaian.

4. Berbagi lokasi secara langsung

Fitur ini bekerja memberikan informasi di mana posisi pengguna kepada orang lain. Caranya pilih tombol menu tiga baris di sudut kiri atas. Kemudian pilih berbagi lokasi. Selanjutnya mengetuk ikon tambahkan orang di kanan atas, kemudian pilih orang yang akan menerima lokasi.

Baca Juga : 7 Tips Simpel Cek Motor Sambil Ngabuburit

5. Berbagi informasi lokasi

Pengguna bisa berbagi lokasi kepada orang lain melalui Google Maps. Caranya cukup ketuk dan tahan di lokasi mana pun untuk dijatuhkan pin. Kemudian ketuk bagian alamat di bagian bawah layar untuk membentangkannya, lalu ketuk bagikan.

6. Melihat rute secara langsung

Pengguna dapat melihat kondisi rute secara langsung dengan menggunakan Street View. Caranya sentuh dan tahan pada peta untuk menjatuhkan pin di lokasi yang dituju. Kemudian pengguna dapat melihat gambar lokasi di bagian bawah layar, kemudian klik gambar tersebut.