POPULAR STORIES

Tips Hemat Bahan Bakar Minyak Saat Mudik

Tips Hemat Bahan Bakar Minyak Saat Mudik Foto Ilustrasi Bahan Bakar Minyak (Foto Istimewa)

Bahan Bakar Minyak (BBM) saat melakukan perjalanan mudik sangat diperlukan. Karena banyak kendaraan bermotor yang akan memadati SPBU, sehingga perlu tahu cara untuk menghemat Bahan Bakar Minyak agar aman saat berkendara. Berikut tipsnya.

Jika Bro and Sis mengemudikan mobil yang mesinnya hemat bahan bakar, misalnya saja Toyota Agya, atau mobil hybrid seperti Toyota Camry yang memang efisien dalam menggunakan bahan bakarnya dan bahkan mampu menyimpan tenaga sisa pengereman untuk digunakan lagi nantinya, no problem.

Namun jika Anda menggunakan mobil biasa, bisa juga melakukan penghematan. Seorang mekanik bengkel resmi Toyota berbagi tips kepada KabarOto untuk membuat bahan bakar hemat saat mudik. Ini tipsnya,

1. Yang harus dilakukan saat melakukan perjalanan adalah jangan ngebut. Karena mengemudi dengan cara ngebut bukan saja membahayakan keselamatan Anda dan pengguna jalan lain, namun juga dapat memakan bahan bakar. Ketika Anda ngebut, akan ada kalanya Anda harus mengerem mendadak. Saat melakukan pengereman mendadak inilah akan ada energi yang terbuang sia-sia dan menyebabkan mobil mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Kecuali jika mobil Anda adalah jenis hybrid, Anda bisa tenang karena energi sisa pengereman akan disimpan di baterai mobil untuk digunakan lagi nantinya.

2. Yang berikutnya adalah selalu perhatikan kondisi mesin. Jika selalu menjaga kondisi mesin dengan baik, Anda akan mendapatkan performa mobil yang maksimal. Sistem pembakarannya pun akan lancar dan mesin tak akan mengkonsumsi bahan bakar secara berlebihan. Menjaga kondisi mesin dan bagian penting dari mobil selalu menjadi saran utama setiap pecinta otomotif. Hal ini karena mobil tidak bisa menjaga dan merawat diri sendiri, Anda yang harus selalu memperhatikan kondisinya dan melakukan perawatan rutin.

Baca Juga: