POPULAR STORIES

Tips Jitu Bikin Rem Parkir Terus Pakem

Tips Jitu Bikin Rem Parkir Terus Pakem Rem parkir (istimewa)

KabarOto.com - Motor matik keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan piranti standar rem parkir (parking brake) dari pabrikan. Rem ini berfungsi untuk membuat motor tetap diam di tempat saat diparkir pada tempat yang tak memiliki bidang datar.

Fungsi lain dari parking brake adalah ketika motor berhenti dalam keadaan mesin menyala, seperti di perlintasan rel kereta api atau pada persimpangan jalan. Jika pengemudi tanpa sadar memutar gas, rem ini akan mencegah motor berjalan.

Baca Juga:

Lantas, bagaimana cara merawat parking brake? Caranya sebenarnya cukup mudah. Anda hanya cukup memberi cairan penghilang karat pada bagian mekanis rem ini, seperti tuas, engsel, dan pegas agar parking brake tetap berfungsi normal.

Tak kalah penting juga menyetel jarak main rem belakang, karena jika setelan rem terlalu dalam, maka ketika parking brake diaktifkan fungsinya tidak akan maksimal. Sebaliknya, jika rem belakang diatur terlalu tinggi pun rem parkir akan sulit diaktifkan.

Carilah pengaturan yang pas dengan cara memutar setelan rem belakang di bagian paha rem, sambil mencoba mengaktifkan rem parkir sehingga didapat pengaturan yang pas.