POPULAR STORIES

Tips Pilih Helm Ala Cargloss ProRiders

Tips Pilih Helm ala Cargloss ProRiders Frans Cargloss ProRiders (Foto:Kabaroto/Abdi Kurniawan)

Fungsi helm tentunya sudah banyak diketahui oleh masyarakat terutama oleh para bikers yang sudah paham akan pentingnya helm, alat pelindung kepala ini. Saat ini media online Kabaroto menurunkan tips pilih helm ala Cargloss ProRiders, seperti apakah tipsnya?

Fungsi dan manfaat helm banyak sekali, tentunya sebagai safety riding untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat terjadi kecelakan. Namun bagaimanakah cara memilih helm yang baik? Cara memilih helm yang baik, justru bukan sekadar dari merek dan harga, tapi harus diperhatikan kenyamanan dan keamanannya.

Menurut Frans, Operational Director CPR, yang pertama yang harus ingat di dalam memilih helm yaitu, pilih bobot helm yang tidak terlalu berat alias ringan untuk digunakan. Kenyamanan helm juga perlu diperhatikan saat menggunakan helm, jika bobot helm terlalu berat walaupun helm tersebut bagus tentunya tidak nyaman untuk diperguanakan.

Kedua, pergunakanlah insting Bro and Sist untuk memilih helm yang benar-benar pas dan nyaman untuk digunakan. Perhatikan juga bagian mekanisme kuncian buka tutupnya. Apakah helm tersebut ketika dibuka tutup dapat menutup dengan kuat dan baik, atau justru sebaliknya yaitu mudah terbuka.

Ketiga, sesuaikan helm dengan ukuran kepala Bro and Sist, jangan menggunakan helm yang terlalu sempit di kepala karena bukan aman melainkan akan menyebabkan pusing pada kepala Anda. Ingat jangan menggunakan helm yang terlalu besar karena akan terasa longgar.

Intinya pilihlah helm yang benar-benar pas sesuai ukuran kepala Bro and Sist. Pilih kaca helm atau orang menyebut dengan istilah visor yang bening, sehingga saat helm tersebut digunakan berkendara maka tidak akan menjadi penghadang saat malam hari. Gunakan visor bening tujuanya biar jalanan terlihat jelas.

Pilihlah helm yang menggunakan desain kunci (dibagian leher) agar tidak mudah lepas. Janganlah menomor sekiankan untuk hal yang satu ini. Pengunci ini merupakan hal yang sangat vital. Kenapa demikian? Hal ini tentunya perlu diperhatikan apabila ketika jatuh atau terjadi benturan, jangan sampai ketika terjadi benturan buka tutup kaca helm malah terbuka lebar, sangat bahaya.

Saat membeli helm jangan lupa untuk memeriksa apakah helm tersebut sudah memiliki sertifikasi khusus yang dikeluarkan oleh lembaga tertentu, karena tidak semua merek helm memilikinya, contoh sertifikat helm misalnya DOT, SNELL, SNI dan lain lain .

Helm Arai, Cargloss (Foto: KabarOto/Yudi Atmajaya)

Baca Juga: