POPULAR STORIES

Tips Mencegah Mur Dan Baut Susah Dilepas

Tips Mencegah Mur dan Baut Susah Dilepas

KabarOto.com – Memanfaatkan waktu luang akibat pemberlakuan PPKM Darurat bisa digunakan untuk memeriksa mur dan baut roda karena sering terjadi keduanya macet ketika mengganti ban.

Dua komponen ini diperlukan untuk memasang pelek mobil. Di mana, mur dipakai mengikat pelek dengan cara diputar dan baut dipakai sebagai dudukan pelek pada as roda.

“Lakukan perawatan mur dan baut roda untuk mencegahnya bermasalah seperti macet bahkan tidak bisa dibuka saat ingin mengganti ban. Supaya mudah, aman, dan nyaman di masa PPKM Darurat,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Baca juga: Tips Agar Mekanisme Mobil Selalu Sehat

Penyebab pertama mur dan baut roda sulit dilepaskan adalah timbulnya karat pada ulir atau drat mur dan baut roda karena proses oksidasi pada sela-sela drat-nya yang kecil dan jarang diperhatikan. Kedua adalah drat mur atau baut roda yang aus akibat sering dipaksa ketika dilepaskan lantaran terlalu kuat waktu mengencangkan mur.

Sebab lainnya adalah penggantian mur roda yang ukurannya tidak sama dengan standard, biasanya kekecilan, sehingga dipaksakan saat pemasangan.

Nah, jika Sobat Kabaroto mengalami kesulitan saat melepaskan mur atau baut, ada beberapa cara yang harus dicoba.

1. Manfaatkan alat bantu
Hal pertama yang bisa dilakukan jika mengalami masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan alat bantu untuk memutar mur roda. Manfaatkan alat ungkit yang lebih panjang seperti pipa yang disambungkan ke kunci roda untuk memperoleh torsi atau daya putar ekstra sehingga lebih mudah saat melepaskan mur.

2. Semprotkan cairan penetran
Langkah ini berguna untuk menghilangkan penghambat seperti debu halus atau karat antara mur dengan baut roda. Dengan hilangnya hambatan tersebut maka mur akan lebih mudah diputar.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Ini Tips Untuk Ban Mobil Sobat KabarOto

3. Gunakan kunci momen
Menggunakan kunci momen atau kunci torsi dengan kekuatan sesuai rekomendasi pabrikan saat memasang kembali ban mobil. Namun jika tidak ada kunci momen, usahakan tidak memutar mur sekuat mungkin dan cukup sampai mur dirasakan sudah tidak dapat berputar lagi.

4. Pasang mur roda secara menyilang
Mengencangkan mur dan baut roda tidak boleh dilakukan secara berurutan lantaran dapat membuat daya ikatnya kurang merata sehingga pelek tidak memegang sempurna pada as roda. Selain sulit dibuka nantinya, risiko lainnya adalah membuat ban mobil goyang di kecepatan tinggi bahkan dapat mengakibatkan baut roda patah.

5. Rotasi ban mobil secara berkala
Cara berikutnya untuk mencegah mur dan baut roda sulit dilepaskan adalah dengan melakukan rotasi ban mobil secara rutin sehingga keduanya tidak sampai mengeras atau berkarat. Sebaiknya rotasi ban dilakukan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali atau bersamaan waktunya dengan servis berkala.