Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Darat

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Darat

KabarOto.com - Mabuk perjalanan adalah ketika seseorang mengalami kondisi tidak nyaman waktu berpergian dengan kendaraan, seperti mobil, bus, atau kereta api.

Kondisi ini lebih sering dialami oleh anak-anak berusia 5-12 tahun, wanita hamil, dan orang lanjut usia. Meski demikian, siapapun bisa mengalaminya jika kondisi tubuh kurang fit atau memiliki riwayat mabuk perjalanan.

Faktor yang dapat memicu dan meningkatkan risiko mabuk perjalanan di antaranya adalah kurang istirahat, perubahan hormonal karena kondisi-kondisi tertentu seperti sedang menstruasi, hamil atau menggunakan pil KB.

Baca juga: Tips Mengemudi Go Green, Ini Yang Dilakukan Daihatsu Bagi Pengendara Mobilnya

“Mabuk perjalanan tidaklah berbahaya, namun akan membuat yang mengalami merasa tidak nyaman dan mengganggu penumpang lainnya. Oleh karenanya, lakukan langkah pencegahan agar tidak terkena mabuk perjalanan,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Nah, untuk menghindari mabuk perjalanan ada beberapa hal yang bisa mencegah terjadinya hal tersebut. Pertama, hindari mengonsumsi makanan berat sebelum perjalanan dan utamakan camilan sehingga perut tidak mudah mual saat menerima guncangan di jalan.

Pilih posisi duduk yang membuat mata leluasa memandang lurus searah jalan atau posisi duduk yang minim guncangan. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan konsumsilah air putih atau minuman segar, misalnya jus jeruk waktu haus.

Baca juga: Dongkrak Mobil Jangan Asal, Ini Tipsnya!

Jangan membaca buku atau menatap layar gadget saat kendaraan sedang melaju karena otak sulit mencerna semua informasi ketika bergerak. Saat merasa tidak enak badan, pusing, atau mual, usahakan untuk segera membaringkan diri dan memejamkan mata sampai gejala mereda.

Untuk yang mempunyai riwayat mabuk perjalanan, sebaiknya meminum obat anti mabuk yang banyak dijual sebelum naik mobil.

Beberapa orang sensitif terhadap bau tertentu, bahkan parfum mobil sekalipun. Hindari memasang parfum mobil yang memiliki aroma menyengat dan makanan atau minuman beraroma kuat seperti buah durian.