POPULAR STORIES

Tips Perawatan Mobil Listrik Komersial DFSK Gelora E

Tips Perawatan Mobil Listrik Komersial DFSK Gelora E Tips Perawatan Mobil Listrik Komersial DFSK Gelora E (Kipli/ KabarOto)

KabarOto.com - Meski DFSK Gelora E sudah tidak menggunakan mesin pembakaran dalam, namun pemiliknya tetap harus melakukan pengecekan sejumlah komponen agar kondisinya bisa diketahui.

Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi memberikan sejumlah panduan tentang bagian-bagian yang perlu di cek untuk perawatan kendaraan listrik.

1. Rutin Cek Coolant

Meski tak memiliki mesin pembakaran internal, kendaraan listrik juga memiliki coolant atau semacam radiator. Fungsi kali ini mendinginkan kerja baterai dan motor listrik.

"Coolant yang ada di dalamnya juga ternyata perlu diganti. Tapi untuk hal ini pemilik tak perlu sering-sering melakukannya, cukup dilakukan setiap 60 ribu km," ujarnya.

2. Perhatikan Oli Gardan

Meski kendaraan listrik tidak menggunakan oli mesin, bukan berarti tidak ada pelumas yang digunakan sama sekali. Pemilik kendaraan wajib memperhatikan kondisi oli gardan.

Sebagaimana sebuah gardan, fungsinya sebagai penyalur tenaga. "Gardan digunakan untuk menyalurkan tenaga dari motor listrik yang berada di depan, ke roda penggerak yang ada di belakang. Untuk periode penggantiannya khusus oli gardan setiap 20 ribu km atau 12 bulan pemakaian," jelas Rofiqi.

Baca Juga: Porsche Dan Frauscher Sepakat Bangun Kapal Mewah Bertenaga Listrik

3. Mengganti Filter AC

Walau tidak berkaitan langsung dengan performa dari kendaraan, tapi perawatan mobil listrik yang satu ini juga sangat penting. Hal itu karena hubungannya langsung dengan kenyamanan dan kesehatan pengendara. Penggantian filter AC disarankan rutin dilakukan guna menjaga sirkulasi udara di dalam kabin.

4. Pahami Buku Panduan

Meski terkesan sepele, pemilik mobil harus membaca buku manual kendaraan. Di sini terdapat seluruh informasi teknis yang terkait dengan kendaraan dimiliki.

"Bisa dibilang kendaraan listrik adalah barang baru buat mayoritas pengguna. Mungkin saja ada aspek-aspek penting yang belum diketahui, dan semua informasi tersebut ada di buku manual," imbuhnya.

Baca Juga: Langkah BMW Indonesia Untuk Kendaraan Listriknya Ke Depan

5. Servis di Bengkel Resmi

Apabila pemilik agak kesulitan untuk mengecek semua kondisi komponen tersebut, maka bisa serahkan kepada ahlinya. Caranya dengan datang ke bengkel resmi dan melakukan servis berkala setiap 10 ribu km atau 6 bulan sekali (tergantung mana yang lebih dahulu dicapai).

DFSK mematok untuk biaya perawatan berkala 1 tahun atau 20 ribu kilometer DFSK Gelora E dengan harga Rp 280.554 ribu, jika dihitung per bulan, pemiliknya bisa menyisihkan uang sebesar Rp 768.

Untuk perawatan berkala 3 tahun atau 50 ribu kilometer, pemilik diklaim mengeluarkan uang sebesar Rp 1.034.575, atau biaya servis per harinya Rp 944.