POPULAR STORIES

Tips Upgrade Kualitas Audio Mobil Harian, Apa Yang Perlu Diganti?

Tips Upgrade Kualitas Audio Mobil Harian, Apa yang Perlu Diganti? Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Hiburan utama saat berkendara mobil selain melihat pemandangan, mungkin adalah mendengarkan lagu. Namun bagaimana jika Sobat KabarOto mau upgrade kualitas audio mobil tapi dipakai harian saja?

Untuk memaksimalkan kualitas audio mobil sekarang tidak seperti dulu yang mengandalkan karakter dari head unit. Sebab mau head unit apapun sekarang dapat dimaksimalkan menggunakan processor.

Baca juga: Head Unit Android Dengan Fitur Komplet Dan Harga Terjangkau

Contoh processor di pasaran.

“Kalau dulu memang mengandalkan karakter head unit. Dulu tidak ada processor, tapi sekarang head unit sudah dilengkapi processor. Sehingga processor ibarat jadi pengganti otak dari head unit,” jelas Tara selaku Owner Kiki Rotary Motor.

Walaupun pengaturannya sudah diatur processor, namun penggantian speaker juga bisa jadi menu wajib. Karena beberapa tipe mobil kurang memadai untuk menghasilkan kualitas suara ideal.

Speaker aftermarket universal.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Pasang Head Unit Android

“Memang suara lebih meningkat karena processor, tapi kalau tidak ganti speaker itu tidak akan maksimal. Ibarat output suara dari speaker, sehingga jika dari processor sudah diatur sedemikian rupa, tapi keluarnya tidak maksimal jadi sia-sia,” jelas pria ramah itu.

Soal harga di pasaran juga sangat bervariasi, ketika KabarOto cek di marketplace untuk processor harganya mulai dari Rp 1,7 jutaan. Sementara speaker seperti coaxial saja mulai Rp 300 ribuan.