POPULAR STORIES

Head Unit Android Dengan Fitur Komplet Dan Harga Terjangkau

Head Unit Android dengan Fitur Komplet dan Harga Terjangkau Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Head unit jadi fitur hiburan paling utama dalam sebuah mobil. Kita bisa mendengarkan radio, lagu favorit, menonton, navigasi, bahkan zaman sekarang bisa digunakan main internet layaknya sebuah smartphone.

Namun zaman sekarang hampir semua mobil juga bisa menggunakan fitur tersebut. Karena head unit Android sudah dijual universal, dengan fitur komplet dan harganya pun cukup terjangkau.

Baca juga: Pasang Head Unit Android Di Mobil Eropa Lebih Rumit, Ini Sebabnya

Perhatikan spesifikasi dari head unit Android, dari versinya, RAM, bahkan kualitas LCD.

“Kalau head unit Android itu kita harus tahu spesifikasinya. Misalnya dari Android versi berapa, besarnya RAM, jenis LCD,” jelas Tara selaku Owner Kiki Rotary Motor yang bermarkas di Mal Blok M.

Untuk harga bervariasi, sesuai spesifikasi dan ukuran layar. Terbukti kualitas gambar pun berbeda walau secara fisik head unit ini mirip. Saat Tim KabarOto melihat langsung, salah satu head unit menampilkan gambar jauh lebih jernih, pegoperasian lebih cepat dan mulus. Sementara head unit lainnya tampilan resolusi gambarnya kurang tajam, dan pegoperasiannya sedikit lebih lambat.

Jika dilihat langsung kualitas layar head unit (atas) jauh lebih jernih, sementara head unit (bawah) lebih buram dengan format gambar yang sama.

Baca juga: Modifikasi Hyundai Ioniq 5, Racikan Audio Mobil Listrik Pertama Di Indonesia

Tara juga menyediakan beberapa pilihan ukuran mulai dari 7, 9, dan 10 inci untuk versi universal. Harganya pun terjangkau sekitar Rp 1,3 jutaan pun ada, namun jika Sobat KabarOto mau yang sudah cukup bagus digunakan harian bisa pilih merek Ediison harga Rp 2,8 jutaan.

Harga tersebut belum termasuk frame di mobil kalian jika diperlukan, apabila dibutuhkan penggantian frame sekitar Rp 500 ribuan tergantung mobilnya. Lalu ada tambahan CAN bus di beberapa mobil tertentu biasanya Eropa sekitar Rp 1,5 jutaan.

CAN Bus adalah salah satu tipe jaringan penghubung antar beberapa control unit dengan dua kabel dan di kepang (twist)