POPULAR STORIES

TKDN DFSK Gelora E Terus Ditingkatkan Menjadi 40 Persen

TKDN DFSK Gelora E Terus Ditingkatkan Menjadi 40 Persen DFSK sedang meningkatkan TKDN 40 persen untuk Gelora E (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pemerintah mulai memberikan subsidi kepada konsumen yang ingin membeli mobil listrik, berlaku akhir Maret 2023 mendatang. Ada model yang mendapat subsidi, Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5. Kedua mobil itu sudah memenuhi syarat, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 40 persen. DFSK saat ini sedang mengejar untuk bisa meningkatkan komponen Gelora E sampai 40 persen.

"Mudah-mudahan cukup waktunya dan tingkat TKDN ini sudah dapat terpenuhi, jadi bisa menikmati bantuan dari negara juga," ujar Achmad Rofiqi selaku Marketing Head PT Sokonindo Automobile.

Baca juga: Test Drive DFSK Gelora E Bawa Beban 500 Kg Jakarta Ke Bandung, Segini Sisa Baterainya

Pria berkacamata tersebut mengatakan, kandungan TKDN Gelora E saat ini masih dalam proses kalkulasi. Tak hanya DFSK, seluruh pabrikan yang punya kendaraan listrik, saat ini sedang meningkatkan kandungan lokalnya.

Tes drive DFSK Gelora E dari Jakarta ke Bandung (Foto: KabarOto)

Pabrikan yang bermarkas di Cikande, Tangerang ini, sedang mencari pemasok, agar bisa menyediakan komponen-komponen, seperti kemasan baterai, motor listrik juga komponen lainnya, untuk menaikkan jumlah TKDN Gelora E.

"Kita juga saat ini sambil mencari supplier yang bisa supply kita battery packing, motor dan lain-lain, karena memang di Indonesia pun juga masih sangat jarang juga," tambah Rofiqi.

Pabrikan asal Tiongkok ini sendiri, mendukung upaya pemerintah mempercepat ekosistem kendaraan listrik, agar minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan ini, semakin meningkat.

Dengan adanya insentif, harga kendaraan listrik akan semakin terjangkau, hal itu akan semakin mendorong minat masyarakat untuk beralih ke Kendaraan ramah lingkungan.

Baca juga: Biaya Servis DFSK Gelora E Per Tahun Cuma Rp 200 Ribuan

"Bantuan pemerintah ini bisa dapat meningkatkan lagi penjualan kendaraan, baik roda dua dan roda empat, khususnya untuk di listrik," pungkas Rofiqi.

DFSK Gelora E kini sudah diproduksi di Cikande, Banten.

Sebelumnya masih impor utuh dari Tiongkok, harganya untuk tipe Blind Van juta, setelah diproduksi lokal menjadi Rp 350 juta. Sementara tipe minibus sebelumnya Rp 582,1 juta menjadi Rp 399 juta.