POPULAR STORIES

TMMIN Jalin Kerja Sama Dengan INALUM

TMMIN Jalin Kerja Sama dengan INALUM

KabarOto.com - Untuk menekan biaya impor bahan baku yang digunakan untuk salah satu komponen otomotif, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bekerjasama dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM. Kerjasama tersebut berupa penggunaan Alumunium Foundry Ally (aluminium paduan A365). Bahan baku ini ini digunakan untuk produksi velg kendaraan bermotor roda empat Toyota produksi TMMIN.

Seremoni pendatanganan kerjasama dilakukan pada 14 Februari lalu, dari INALUM diwakili oleh Direktur Utama, Budi Gunadi Sadikin dan PT TMMIN diwakili oleh Presiden Direktur, Warih Andang Tjahjono. Penandatangan nota kesepahaman yang turut disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan pejabat tinggi daerah ini dilaksanakan disela-sela acara kunjungan kerja Kemenko Perekonomian ke sejumlah proyek strategis Nasional di Kabupaten Batubara, dimana salah satunya adalah proyek diversifikasi INALUM di Kuala Tanjung, Sumatera Utara.

Baca juga: Astra UD Trucks Serahkan 22 Unit Truk Quester CQE 280

Bahan baku pelek akan menggunakan bahan produksi INALUM

INALUM merupakan pemasok aluminium lokal dengan spesifikasi khusus, dan kerjasama ini merupakan bentuk dukungan terhadap Pemerintah Indonesia dalam menekan angka impor bahan baku otomotif yang saat ini sedang menjadi perhatian utama.

"INALUM sebagai satu-satunya Smelter aluminium di Indonesia bangga bisa menjadi pemasok aluminium yang akan digunakan untuk manufaktur produk TMMIN. Langkah ini adalah salah satu wujud INALUM sebagai induk holding industri pertambangan dalam melaksanakan mandat dari pemerintah Republik Indonesia untuk hilirisasi produk aluminium, salah satunya dengan mendorong peningkatan industri otomotif nasional melalui pemakaian produk aluminium yang kami produksi," ungkap Budi Gunadi Sadikin.

Baca juga: Toyota 86 British Green Limited, Edisi Terbatas Yang Tak Biasa

Seremoni penandatanganan kerjasama TMMIN dengan INALUM

Budi menambahkan bahwa INALUM memiliki prospek untuk memasok hingga 150 MT/bulan Foundry Alloy ke PT Pakoakunia (PAKO) yang merupakan perusahaan pemasok velg untuk pabrikan-pabrikan otomotif di Indonesia. Angka ini ditargetkan akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya.

Dalam mengembangkan aluminium untuk bahan baku velg ini, INALUM bekerja sama dengan PAKO dan TMMIN sejak tahun 2017 yang lalu. Kerjasama yang dilakukan meliputi area studi kelayakan; pengembangan spesifikasi material aluminium termasuk di dalamnya pengecekan komposisi unsur kimia, struktur metalurgi, hasil pengecoran ingot; evaluasi material (tingkat kekerasan, performa) hingga persiapan produksi massal.

Di tahap awal, INALUM akan memasok kebutuhan Aluminium Foundry Alloy di PAKO yang kemudian akan dipergunakan bagi produksi velg kendaraan bermerek Toyota model Kijang Innova, Fortuner dan Sienta. Pasokan Aluminium Foundry Alloy akan terus ditambah secara bertahap seiring dengan kemampuan INALUM dalam memasok alloy yang sejalan dengan rencana pengembangan kapasitas produksi secara berkelanjutan.

Berita Terkait

Berita Terkait